Saturday, April 6, 2013

Mengarang Bebas :D


Banyak orang yang mengungkapkan bahwa menjadi seorang wirausahawan itu sangat menyenangkan dan menggiurkan. Mengapa demikian? Karena disanalah wadah untuk menyalurkan ide dan potensi diri bagi pengusaha tersebut serta sebagai tempat untuk berfikir kritis dimana pengusaha harus memilih usaha apa yang sebaiknya dijalani dan bagaimana cara-cara dan trik-trik dalam mengembangkan usaha tersebut dengan membawa suatu visi dan misi yang jelas. Asumsi  dan teori ini pula yang membuat saya memiliki keinginan untuk berwirausaha. Jika disuruh memilih dari sekian banyak usaha yang ditawarkan di zaman yang serba canggih ini, saya akan memilih untuk menjalankan usaha kos-kosan yang punya warung makan di halaman depannya. Kos-kosan itu letaknya di sekitar daerah yang ramai oleh siswa/mahasiswa.

Dalam berwirausaha, seseorang/ suatu kelompok idealnya mempunyai tujuan-tujuan tertentu yang dapat mendukung usaha tersebut. Begitu pula dengan saya, ada beberapa tujuan yang saya harap dapat menunjang usaha yang akan saya lakukan kelak. Diantaranya: (1) Terwujudnya kos-kosan dan warung makan yang banyak diminati oleh para siswa/mahasiswa dengan cara menyediakan kamar-kamar yang bervariasi dan menarik. Mulai dari ukurannya, dari yang kecil hingga kamar yang luas. Lalu kamar mandinya, ada yang kamar mandi dalam dan kamar mandi luar. Menyediakan dapur umum, wastafel umum, TV dan kulkas umum sehingga anak kos tidak perlu membawa perlengkapan berlebihan di kamar mereka yang dapat mempersempit kamar. Ditiap kamar disediakan meja, rak buku dan kursi belajar. Menyediakan speedy dengan bayaran tambahan perbulannya. Dan pastinya membuat anak kos menjadi nyaman, aman dan tentram untuk belajar. (2) Dapat membantu warga sekitar untuk dijadikan tenaga kerja untuk perawatan kosan dan warung makan.

Yang tidak kalah penting dalam mengembangkan suatu usaha adalah modal. Saya akan mendapatkan modal tersebut dengan uang tabungan saya selama ini, pinjam ke keluarga atau orang tua bisa meminjamkan modal kepada saya dan jalan terakhir yang saya pilih adalah meminjam ke bank.

Kelebihan usaha ini adalah dapat menghasilkan penghasilan tetap perbulan tanpa harus bekerja tetap atau stand by disana, mudah dikontrol bagaimana perkembangan dari usaha tadi, bisa dilakukan berbarengan dengan pekerjaan lain atau dijadikan pekerjaan sampingan. Kelemahan usaha ini adalah tidak fleksibel dibandingkan dengan usaha online, butuh modal yang besar dan waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha juga panjang. Penghambat usaha ini adalah jika tidak menemukan daerah yang strategis dan tenaga kerja yang baik.

8 comments:

  1. Akhirnya, setelah tidak menulis beberapa lama... :D

    ReplyDelete
  2. iya ming. lama bgt malah! ini tugas ming, di posting aja....

    ReplyDelete
  3. :( :( :( :( bundaaaaaaa.... kangen deh... cici dah lama banget nggak blogwalking dan posting blog yg baru :( sedih bgt bunda... dah jarang nulis

    ReplyDelete
  4. I am really enjoying the theme/design of your weblog. Do
    you ever run into any web browser compatibility problems?
    A small number of my blog audience have complained about my site not working correctly in Explorer but looks great in Opera.
    Do you have any recommendations to help fix this problem?


    Feel free to visit my website fake oakleys

    ReplyDelete
  5. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete