Friday, July 20, 2012

Ramadhan (1433 H) Is Coming

Yeyyy! Seperti biasa, yang namanya bulan suci Ramadhan, (pasti) akan banyak disambut oleh umat muslim. Mulai dari Sabang sampai Merauke, dari kutub utara samapi kutub selatan, dari China samapi ke liang lahat, eiiits emangnya mahfudzat (kata-kata mutiara) tentang menuntut ilmu...? Pokok nya selagi muslim dimanapun mereka berada, bulan ini merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu dengan berbagai alasan dan harapan.

Sopir atau Kenek Bis dan Travel

Alhamdulillah, semoga dengan hadirnya bulan yang penuh berkah ini, penumpang jadi meningkat pesat seperti kebiasaan orang di negeri Indonesia mudik hingga klimaks nya di akhir Ramadhan nanti untuk menyambut hari lebaran. Pasti tiap orang ingin berkumpul dengan keluarganya dan karib kerabat di kampung halaman, bukan akherat lo ya... Eh, mungkin nggak semuanya juga yang bisa mudik. Karena pekerjaan, mungkin. Karena dana belum mencukupi, mungkin. Karena masih proses belajar mengajar seperti biasa, mungkin. Ato bahkan ada yang tinggalnya amat jauh, jadi pulkam nya sekali berapa tahun. Dan semoga perjalanan mudik nya lancar dan aman serta selamat sampai tujuan. Amin.

Penjual Snack

Karena yang nama nya bulan puasa, so puasa selama sebulan pun akan dilaksanakan bagi yang wajib menunaikannya. Ada puasa, ada sahur, ada juga buka puasanya. Berbuka puasa (ifthor)adalah hal yang (lebih) paling ditunggu-tunggu. Kalo nggak salah ada hadits ato mahfudzot ya (rada lupa ni), orang yang berpuasa itu akan mendapat 2 kebahagiaan: 1. Saat mereka berbuka puasa dan 2. Bertemu dengan Rabb nya kelak. Selain ngabuburit sambil nonton TV ato menyiapkan sajian buat berbuka, biasanya kalo dikampungku orang pada rame di lapangan sepak bola. Mau main bola maksud el? Ya enggak laaah... Disana berdirilah stand-stand (halah! sok gaul, kayak di mol-mol aje!), lebih tepatnya gubuk-gubuk kecil berlantaikan tanah dan beralaskan rumput (kalo dah di akhir Ramadhan, rumput nya bisa botak gara-gara dilewati ratusan orang setiap hari nya di tempat yang sama), serta beratapkan terpal reot yang sudah berlapis-lapis karena sering ditambal sama yang punya. Hmmm... Aneka jajanan pasar seperti kue basah, kue kering, goreng-gorengan, cendol-cendolan, kolak-kolakan, dan an-an yan lainnya. Bukan jajanan pasar aja sih. Bahkan gubuk lauk pun ada (karena orang nggak langsung makan disana dan bukan rumah, jadi kita sebut gubuk lauk ajah ya...) Alhamdulillah, memang bulan Ramadhan yang membawa keberkahan berlimpah-limpah. Semoga laris ya jualan nya...

Pak Ustadz

Kalo yang ini mah, mungkin tiap hari juga bisa laris manis, ya nggak? Hehehe, ada tarawih, ada witir, ada juga ceramahnya. Nah, siapa biasanya yang mengisi pengajian tersebut? Pasti yang didahuluin yang ahli kan... Yups, pak ustadz namanya. Insyaallah rejekinya bakal nambah nih pak. Karena ini bulan yang paling mulia dari seribu bulan, bagi para penceramah, biasanya banyak panggilan buat kasih kultum atau ceramah, baik itu di mesjid, di rumah-rumah, di acara-acara TV, di kegiatan buka bersama, di dusun sebelah, bahkan di rumah :D Tingkat pentaubatan tiap manusia pun akan meningkat dengan sendirinya di bulan ini. Jadi banyak yang ingin memperbaiki diri nya masing-masing deh :p Salah satu caranya, ya dengan menghadiri majelis ilmu seperti pengajian-pengajian dan memperbaiki ibadah.

Para Mahasiswa/i

Ada kuliah, ada praktikum, ada diskusi, ada persentasi, ada liurnya juga dooooong. Masa mau belajar terus sih??? Wkwkwk... Eits, terkecuali yang mau SP (semester pendek) dan yang remediasi (kayak ane nih :D), liburan kayaknya adalah hal yang membosankan karena bakal mengulang pelajaran yang dah pada lupa, sendirian lagi! Huft! *curhat nih, ceritanya...*  Jadi libur nya bakal terpotong dengan hal yang menyebalkan, tapi sangat amat berguna untuk masa depan yang lebih cerah *dah tau remed, kok malah cerah yo?* Liburan panjang biasanya emang di laksanakan di semester genap dan untung nya bertepatan di bulan puasa. Mudik. Pulkam. Raaji' ilal bait. Go home. Apalah namanya... Kalo aku sendiri, jujur, ini kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Pulang ke rumah, ketemu sanak saudara, kumpul bareng, bertengkar dengan kakak-adik dirumah. Oh God! I've got home sick's syndrome. Selamat berlibur dan fastabiqul kahirat kawan-kawan seperjuangan! Jangan lupa oleh-olehnya ya... *Owalah, nek iki ora di dengar ke yoooo*

Penjual Baju Muslim dan Atribut lainnya

Walaupun belum lebaran, bulan Ramadhan lagi-lagi membawa keberkahan bagi setiap insan. Bagi penjual baju, misalnya. Tenang aja deh, jual lah berbagai macam baju model Syahrini ato baju model artis lainnya, insyaalla bakal laku deh! Biasalaaah, orang Indonesia kan suka musim. Kalo ada musim baju A, pada beli baju A -> biasanya bisa sampe 10 kembaran baju nya. Kalo lagi musim baju B, pada tambah koleksi baju B. Walah-walah... But I am proud of Indonesian's culture. It is colourfull, huh? 

Para Pareman Jalan/Pasar/Kampung

Kalo dihari-hari biasanya, bisa jahilin orang ato gangguin orang. Di bulan suci, biasanya ada kesadaran dari hati kecil buat mengurangi bahkan meninggalkan perbuatan tersebut. Yaaaaa, bisa di bilang penawar dosa lah, taubat tepatnya! Eh, bukan buat preman aja lo ya... Semua nya deh! Karena yang namanya manusia, pasti banyak melakukan kesalahan. Mari memuhasabah diri kita masing-masing, semoga Allah mengampuni dosa kita yang dahulu, sekarang, dan akan datang. Selamat berbulan Ramadhan dengan kegiatan masing-masing. Apapun kegiatannya, jangan lupa selalu perbaiki diri kita ya... Maap lahir bathin njeeeeee :D

6 comments:

  1. Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah (^,^)/

    ReplyDelete
  2. yaaaaah, ramadhan penuh berkah dan hidayah... Semoga kita bisa memetik hikmah dan saling memaapkan...

    ReplyDelete
  3. eh bunda... iya bunda... sama-sama. salam buat dedek dirumah ya...

    ReplyDelete
  4. Memang banyak sekali berkah Ramadhan. Alhamdulillah masih bisa ketemu Ramadhan tahun ini, ya dik. Kapan kesini? :) Kakak kangen.

    ReplyDelete
  5. iya kakak... alhamdulillah sekali, more, much! :D semoga kita dapat meraih berkah Nya... adik juga kangen, insyaallah sesegera n sebisa mungkin, we will meet

    ReplyDelete