Saturday, June 2, 2012

Mitos

Dari beberapa artikel yang aku baca, mitos memiliki pengertian cerita  prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta, dan  keberadaa makhluk didalamnya, serta dianggap benar oleh empunya cerita dan penganutnya. Jadi, sebenarnya mitos tu benar nggak ya? Ya, tergantung sih kalo menurutku. :D

Kita batasin dulu ya? Bukan mitos dalam arti luas. Hanya mitos tentang angka 4 dan 13. Karena aku juga pernah ngalamin nih... Di suatu tempat belanja alat-alat rumah tangga. Di sana ada 5 lantai plus basement tempat parkir mobil, tapi nggak ada nomor 4 nya. Kalo naik lift, hanya ada tombol B, 1, 2, 3, 3A, dan 5. Awalnya sih biasa-biasa aja. Mungkin di kota-kota emang gitu kali ya (maklumlah, kan orang kampung). Tapi lama-kelamaan malah jadi pertanyaan. Nah, ini nih (mungkin) jawabannya,,,

Ahli Fengsui China/ Tionghoa/ Jepang menanggapi kalau angka 4 dan 13 merupakan angka mati, menguji nalar, rusak, dan buruk. Jadi memang banyak yang mengganggap mitos-mitos ini benar adanya, bahwa angka 4 dan 13 adalah angka yang sial. Misalnya, para pedagang beranggapan bisa tidak laris/ mudah bangkrut. Dihotel atau mall yang sering menghilangkan angka tersebut, misalnya di lokasi parkiran (menghilangkan tanda-tanda yang ada berhubungan dengan angka 4/13), di tangga (meniadakan angka 4/13), di lift (dari lift ke 3 langsung ke 5 dan dari 12 angsung ke 15), kamar hotel, dan lain sebagainya. So, mereka menghindari angaka-angka tersebut.

Alasannya beragam sekali. Banyak kemungkinan-kemungkinan atau kepercayaan-kepercayaan yang sangat berpengaruh sebagai alasannya. Namun percaya atau tidak, semua angka yang diciptakan ada maknanya. Benar nggak? Tapi yang pastinya, kembali lagi pada diri kita sendiri, bagaimana kita memaknainya. Percaya atau tidak, tergantung kita aja deh! Ora usah mekso! :p Pendidikan tinggi dan sudah modern bukanlah sebagai jaminan. Karena, kalo yang namanya kepercayaan, suli untuk di toleransi.

Tidak 100% orang percaya dengan (mitos) itu semua. Kalo di Amerika justru angka 13 adalah angka hoki :p Jadi bagaimana? Ya, depends on ourselves. Kalo ada baiknya, ambil. Tapi kalo menurut kita nggak baik, ya nggak usah diturutin dan jangan sok-sok-an kalo diri kita yang benar. Karena hanya yang Kuasa yang tau... :D

No comments:

Post a Comment