Saturday, June 2, 2012

Jayalah Indonesiaku

Bisa melihat orang lain yang maju dan semakin maju adalah suatu pemandangan yang menggugah mata menggelitik hati. Alangkah senangnya hati jika bisa menikmati percikan kemajuan orang lain, setidaknya ada motivasi tersendiri yang merong-rong kita agar bisa  seperti mereka. Pemaksimalan potensi yang dimiliki oleh banyak orang akan sangat berguna jika bisa terus menggali bakat atau kemampuan yang ada dalam dirinya. Tentunya bukan lepas dari hal itu saja, masih banyak hal kecil lainnya yang musti diperhatikan seperti membuat apa yang kita lakukan bisa bermanfaat dan berguna bagi lingkungan dan populasi sekitar. Oleh karena itu, yang namanya potensi haruslah digali hingga pada batasnya.

Berbicara masalah potensi, teringat pada  pelajaran BK (bimbingan konseling) saat menduduki kelas 1 SMA dulu. Saat seorang murid yang dulunya harus menguasai semua mata pelajaran harus melihat potensi apa yang mereka punya dan inginkah mereka menggali potensi itu lebih dalam lagi, yang akhirnya bisa menjadi pilihan profesi mereka. Ini digambarkan dengan adanya pemilihan jurusan saat beranjak dari SMP/ MTs. Potensi merupakan suatu kemampuan, keahlian, kelebihan, atau bakat yang dimiliki oleh seseorang. Seseorang bisa dibilang berpotensi, jika ia telah mengenyam ilmu dibidang tersebut atau bisa juga yang telah berpengalaman.

Beranjak dari pengetian potensi, disini kita akan melihat lebih luas lagi bagaimana potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di negara Indonesia tercinta. Seperti salah satu lirik lagu ciptaan Ismail Marzuki,

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa

Lagu ini mengingatkan kita bahwa Indonesia merupakan suatu pusaka, harta berharga yang banyak tak dimiliki negara lain. Suatu titipan Tuhan Yang Maha Esa yang dijadikan warisan turun-temurun. Pusaka Indonesia berdasarkan Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia tahun 2003 terdiri dari; Pusaka alam (natural heritage) yang merupakan bentukan alam yang istimewa, Pusaka budaya (cultural heritage) yang merupakan hasil cipta, rasa, karsa, dan karya yang istimewa dari lebih 500 suku bangsa secara sendiri-sendiri sebagai kesatuan bangsa Indonesia dan dalam interaksinya dengan budaya lain sepanjang sejarah keberadaannya,  dan Pusaka saujana (cultural landscape) yang merupakan gabungan pusaka alam dan budaya dalam kesatuan ruang dan waktu (arti saujana dalam KBBI adalah sejauh mata memandang).

Banyak kekayaan alam yang bisa ditemukan di negara yang dijuluki negara maritim ini karena didominasi oleh lautan. Potensi alam Indonesia sangatlah banyak, seperti lautan yang luas beserta keindahan terumbu karang dan spesies lain didalamnya, hutan hijau yang merupakan sumber oksigen untuk makhluk hidup lainnya, hasil rempah yang spesial, hasil kopi dan teh yang istimewa, hasil perikanan yang meluap, hasil tambang yang melimpah-ruah, dan hasil minyak murni dengan kualitas terbaik.

Selain kekayaan alam, Indonesia juga mempunyai bakat-bakat yang bisa menjadi sosok pemimpin dunia. Banyak potensi bangsa ini yang bisa menyinari keremang-remangan cahaya redup selama ini. Indonesia punya orang-orang hebat yang bisa dijadikan cermin banyak manusia sebagai tempat berkaca. Kejerihpayahan sang pengabdi dan guru-guru di daerah pelosok tanpa bayaran yang setimpal karena memang bukan itu yang mereka cari, kegigihan anak bangsa didaerah terisolir yang rela berjalan berkilo-kilometer karena ingin menuntut ilmu, para guru besar yang punya semangat tak pernah mati untuk memperkaya pengetahuannya, dan banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment