Sunday, May 13, 2012

A Little Bit About Skin

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? Kita semua pasti menginginkan kulit yang sehat. Bahkan tidak sedikit juga yang menginginkan kulit yang sehat + putih + lembut + mulus + cerah dan plus-plus lainnya. 

Like what I have seen in my surrounding, banyak yang ingin mempercantik penampilan tanpa memikirkan apa akibat dari semua itu. Terutama pada bagian wajah. Tidak hanya wanita. Laki2 pun juga banyak yang tertarik ingin mempunyai wajah yang kinclong! 

Langkah untuk mempercantik wajah alias perawatan sangatlah berguna untuk kulit tapi harus tau, sebatas mana keamanan dan sebatas mana hal tersebut elok kita lakukan. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena ada teman (lk2) saya yang melakukan perawatan wajah. Namanya aja perawatan, berarti wajahpun semakin terlihat sehat. Tapi menurut saya juga ada batasnya. Kalo tidak, malah seperti teman saya, kami (as his friend) takut banget lihat wajahnya, putih sekuali :p, like there is no skin's layer, just ari2's skin.

Ada pesan dari dokter spesialis kulit sewaktu kami mempelajari kelainan2 morfologi kulit. Beliau menyatakan, sekarang banyak sekali (khususnya) wanita yang memakai ntah alas bedak ntah apa namanya, yang ditempel dioles di wajah sampai2 berwarna putih dan mengkilat tak menentu. Dan tidak banyak pasien dokter kulit tersebut yang suka memakaikan kosmetik ke wajahnya tanpa mencucinya dengan sabun cuci wajah. Mereka berpaham kalo hanya kosmetik yang ditempel diwajah itulah yang bisa memperbaiki keluhan2 diwajahnya. Padahal yang paling penting itu adalah membersihkan(wajah)nya bukan melapis-lapisinya. Setiap kuman ato kotoran yang hinggap di muka kita harusnya dicuci dengan sabun (muka), kalo tidak, disanalah bisa mulai terjadi kerusakakn kulit.

Di perkuliahan lainnya, ada dosen yang menuliskan dibawah ini pada slidenya:
Pertanyaan: Mengapa kulit relatif gelap?
Jawaban: Alhamdulillah
Pertanyaan: Mengapa kulit menua?
Jawaban: Penyakit tanpa obat
Pertanyaan: Kenapa tidak boleh sering foto rontgen?
Jawaban: Terdapat radiasi
Pertanyaan: Mengapa akhir2 ini penderita kanker kulit meningkat? Amankah sunbathing dengan menggunakan sunscreen?
Jawaban: ???

Mengapa kita (beberapa orang) punya kulit yang relatif agak gelap? Karena alhamdulillah pigmen yang memberikan warna kulit yaitu melanin kita bisa dikatakan DBN (dalam batas normal). Bersyukurlah, karena kulit yang agak gelap memiliki proteksi yang baik. Nah, ini sebabnya banyak turis2 yang datang ke Indonesia senang banget berjemur di terik matahari alias sunbathing. Ini berguna untuk menimbulkan pigmen tersebut. Dan dengan banyak paparan sinar matahari (sinar UV), bisa meningkatkan risiko kanker kulit karena lapisan ozon di bumi mulai menipis sehingga sinar2 berbahaya bisa menghampiri kulit. Dengan kulit rada gelap, sedikit bisa sebagai pelindung. So, thanks God.

Mengapa kulit menua? Karena yang namanya aging process itu berhubungan dengan anatomi dan fisiologinya. Terjadi degenerasi fisiologi dan fungsional saat penuaan. Kulit bisa menua karena tidak ada obatnya. Tidak ada obat untuk penuaan. Rasul juga berpesan: Semua penyakit ada obatnya, kecuali penyakit tua. Nah, kalo pun ada obatnya, paling hanya memperlambat saja, not permanently. 

And the most important is knowing our body's sign. When we feel something weird of our body, maybe that is a symptom of something too. Maybe there is an anomaly or whatever. Just know our own body. :D

No comments:

Post a Comment