Sunday, April 22, 2012

Earth Day 2012

Seperti biasa, setiap tanggal 22 April dirayakan hari bumi sedunia. Walaupun seharusnya setiap hari (seharusnya) adalah hari bumi. Tapi dengan adanya suatu hari khusus, setidaknya lebih mengingatkan diri-diri manusia bahwa bumi ini harusnya dilindungi dan 

Pagi ini aku bangun sebelum adzan subuh (tepatnya fajar), tak seperti biasanya yang sering telat (hoaaaam). Langsung nonton TV dan mendapati acara 'inovation maker' (kalo nggak salah ini nama acaranya) yang menampilkan 3 macam inovasi terbaru yang belum banyak dilakukan. Beberapa yang mereka buat adalah genteng dan kertas yang ramah lingkungan. Hal ini dilakukan guna untuk mengurangi sedikit penderitaan bumi yang telah banyak dilakukan oleh manusia saat ini. 

Kertas yang berbahan dasar dari kelapa, tepatnya buah kelapanya, diolah sedemikian mungkin dengan cara manual dan sangat simpel yang bisa menghasilkan kertas 0% pulp dan 100% pulp (pulp ini apa? daku juga kurang paham). Sehingga penebangan hutan yang semakin hari semakin meningkat, bisa dikurangi. Bener deh, gimana nggak banjir melulu (dimana-mana)? Mungkin aja ada salah satu penyebabnya dari industri kertas yang melibatkan pepohonan. Tadi sempat ditampilin gambar hutan yang dulunya lebat, sekarang semakin sedikit saja jumlahnya. Gersang. Miris. (hahaha, kayak pahaaaaam aja si cici ini :p)

So, kertas dari kelapa terebut dapat mengurangi sedikit dari kerusakan alam semesta yang telah terjadi. Semoga berhasil, bapak... Walaupun terlihat mustahil untuk dirubah sedemikian rupa, tapi semoga saja banyak orang-orang yang ahli dalam hal ini bisa lebih antusias lagi dalam menciptakan inovesi terbaru. Betul?

Apa yang seharusnya dilakukan for saving our earth?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan. Namun dapatkah kita berkonstibusi sedikit saja. Sedikit saja. Mungkin dengan sering menanam pohon ato tumbuh2an di sekeliling rumah agar didapatkan udara yang lebih segar setiap saat. Menghemat pemakaian air dengan mematikan kran setiap sesudah menggunakan kamar mandi. Tidak merokok, setidaknya membiarkan hak manusia kebanyakan untuk mendapat udara yang segar. Dan banyak yang lainnya...

Potensi, kekayaan, kemampuan, skill, sumber daya alam yang diberikan Tuhan Semesta Alam yang MahaKuasa bisa menjadi penyokong dalam berbuat kebaikan dalam hal apapun dan dimanapun.

Pokoknya, SELAMAT HARI BUMI aja deh...

No comments:

Post a Comment