Sunday, March 18, 2012

Konjungtivitis

Jadi, sejak 3 hari yang lalu mata kakak ku merah terus, tapi nggak gatal dan berair sekali. Lama kelamaan terasa perih dan makin merah. Kakak yang aslinya malas pergi berobat, pergi ke apotek. Konsultasi sama apoteker dan dikasih beberapa obat tetes mata aja yang ada antibiotiknya... Setelah 2 hari, ternyata belum punya pengaruh yang signifikan. Akhirnya kakak menyerah dan meluluhkan hati untuk pergi ke dokter. Konsultasi dengan dokter dan diagnosisnya adalah viral konjungtivitis dan ternyata sudah bercampur bakteri.

Nih, beberapa foto mata kakak... 

Merah banget kan? Huhuhu


Nampakkan? berair...


Kalo ini ada pendarahan subkonjungtiva (tp g bahaya selagi g sakit)

Nah, sebelum ke dokter tadi, kakak maunya searching aja buat tau apa itu konjungtivitis. Yo wes lah, tak cari di internet alias mbah gugel. Konjungtivitis merupakan suatu peradangan pada konjungtiva (bagian putih mata). Penyebabnya bisa bermacam-macam: reaksi terhadap alergi (terhadap debu, serbuk sari, bulu binatang, iritasi karena angin, polusi udara, sinar ultraviolet dari las listrik ao matahari) dan infeksi oleh virus ato bakteri (karena pemakaian kontak lens terlalu lama). Gejala dan pengobatannya, tergantung pada peyebab konjungtivitis itu sendiri.

Iritasi karena bakteri: gejalanya tampak merah dan mengeluarkan kotoran yang kental dan berwarna putih serta bisa diobati dengan tetes mata ato salep yang mengandung antibiotik. Infeksi karena virus/ alergi: gejalanya mengeluarkan kotoran yang jernih dengan dikompres air hangat saja sudah cukup, karena tubuh akan merespon dalam waktu beberapa hari akan membunuh virus tersebut dengan sendirinya asal stamina tubuh tetap dijaga. Kalo yang alergi aja, mata bisa bengkak dan gatal serta pengobatannya antihistamin per oral ato tetes mata yang mengandung coticosteroid.

Tambahan... Tapi harus hati-hati karena viral konjungtivitas (konjungtivitas karena virus) bisa jadi telah bercampur dengan bakteri, jadi sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi. Konjungtivitis itu mudah menularnya... Usahakan tetap menjaga tangan agar selalu bersih dan memakai barang seperti handuk terpisah dengan orang yang tidak sakit.

Konjugtivitis karena virus biasanya hanya mengenai 1 mata dulu, kadang disertai dengan kedua mata tapi tidak secara bersamaan. Konjungtivitis karena bakteri dan alergi biasanya mengenai kedua mata. Penularannya juga bisa melalui kontak langsung dengan sekret penderita. So, kalo cuma melihat mata penderita, insyaallah nggak tertular. Biasanya banyak mitos nih, ya nggak?

Tadi sih, obat yang dikasih dokter ke kakak ada 3: Cendo Gentamycin 0,3% (tetes mata), Sanlin 500mg sebagai antibiotik, dan Dextamine Tab@300 untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan dan rasa nyeri.

Semoga kakak cepat sembuh ya... :p

4 comments:

  1. Mihihiihih... Jadi pasien deh :b Kapok sakit mata, jadi ga berasa punya nama belakang "mardhiah" (halah, mekso!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah... G gitu juga kaleeeee (gaya di acara tawa apaaaaa gt di global tv). Ojo mekso to kak. Sing apik iku yo kayak ngono to... Onok cobaan ne... Ora luruuuuus wae

      Delete
  2. Hahaha... Sip mbah dokter...

    ReplyDelete