Sunday, March 18, 2012

Konjungtivitis

Jadi, sejak 3 hari yang lalu mata kakak ku merah terus, tapi nggak gatal dan berair sekali. Lama kelamaan terasa perih dan makin merah. Kakak yang aslinya malas pergi berobat, pergi ke apotek. Konsultasi sama apoteker dan dikasih beberapa obat tetes mata aja yang ada antibiotiknya... Setelah 2 hari, ternyata belum punya pengaruh yang signifikan. Akhirnya kakak menyerah dan meluluhkan hati untuk pergi ke dokter. Konsultasi dengan dokter dan diagnosisnya adalah viral konjungtivitis dan ternyata sudah bercampur bakteri.

Nih, beberapa foto mata kakak... 

Merah banget kan? Huhuhu


Nampakkan? berair...


Kalo ini ada pendarahan subkonjungtiva (tp g bahaya selagi g sakit)

Nah, sebelum ke dokter tadi, kakak maunya searching aja buat tau apa itu konjungtivitis. Yo wes lah, tak cari di internet alias mbah gugel. Konjungtivitis merupakan suatu peradangan pada konjungtiva (bagian putih mata). Penyebabnya bisa bermacam-macam: reaksi terhadap alergi (terhadap debu, serbuk sari, bulu binatang, iritasi karena angin, polusi udara, sinar ultraviolet dari las listrik ao matahari) dan infeksi oleh virus ato bakteri (karena pemakaian kontak lens terlalu lama). Gejala dan pengobatannya, tergantung pada peyebab konjungtivitis itu sendiri.

Iritasi karena bakteri: gejalanya tampak merah dan mengeluarkan kotoran yang kental dan berwarna putih serta bisa diobati dengan tetes mata ato salep yang mengandung antibiotik. Infeksi karena virus/ alergi: gejalanya mengeluarkan kotoran yang jernih dengan dikompres air hangat saja sudah cukup, karena tubuh akan merespon dalam waktu beberapa hari akan membunuh virus tersebut dengan sendirinya asal stamina tubuh tetap dijaga. Kalo yang alergi aja, mata bisa bengkak dan gatal serta pengobatannya antihistamin per oral ato tetes mata yang mengandung coticosteroid.

Tambahan... Tapi harus hati-hati karena viral konjungtivitas (konjungtivitas karena virus) bisa jadi telah bercampur dengan bakteri, jadi sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi. Konjungtivitis itu mudah menularnya... Usahakan tetap menjaga tangan agar selalu bersih dan memakai barang seperti handuk terpisah dengan orang yang tidak sakit.

Konjugtivitis karena virus biasanya hanya mengenai 1 mata dulu, kadang disertai dengan kedua mata tapi tidak secara bersamaan. Konjungtivitis karena bakteri dan alergi biasanya mengenai kedua mata. Penularannya juga bisa melalui kontak langsung dengan sekret penderita. So, kalo cuma melihat mata penderita, insyaallah nggak tertular. Biasanya banyak mitos nih, ya nggak?

Tadi sih, obat yang dikasih dokter ke kakak ada 3: Cendo Gentamycin 0,3% (tetes mata), Sanlin 500mg sebagai antibiotik, dan Dextamine Tab@300 untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan dan rasa nyeri.

Semoga kakak cepat sembuh ya... :p

Saturday, March 17, 2012

Kapan Ya …???

Kapan ya??? Pertanyaan yang sering terlintas di benak ku sejak kecil hingga kini. Kapan ya cici bisa mendonorkan darah cici, yang rasanya sangat amat bejibun untuk dipake sendirian? Hahaha… Tapi emang bener lo ya… Cici tu pengen banget donorin ni darah. Selain karena bisa membantu orang yang membutuhkan darah, ini juga sangat berguna untuk kesehatan kita lo… Udah 2 kali nih, cici ditolak buat jadi pendonor. Karena memang lumayan banyak juga sih, syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Alasan awalnya adalah Hb cici tidak memenuhi persyaratan. Hb cici cuma 11,8 gr%, padahal masih termasuk dalam nilai rujukan looo… (laki2 = 13 gr% - 18 gr% dan wanita = 11,5 gr% - 16,5 gr%) Tapi mungkin beda ya buat syarat donor darah, coz mbak yang jaga stand nya itu bilang kalo Hb cici kurang sedikit. Rujukan buat Hb pendonor nya harus 12,0 gr%. Yaaaaah, sayang sekali, tinggal dikit lagi mencapai angka rujukan (0,2 gr% lagi sodara-sodara).

Alasan yang kedua adalah karena cici masih mengkonsumsi obat dan antibiotic dalam 1 minggu terakhir ini. So, masih belum bisa juga nih nyetor darahnya. Eh-eh taunya yang nggak lolos sebagai pendonor, malah dikasihin snack. Subhanallah… Terima kasih ya… (Acara ini disponsori oleh “Pundi amal SCTV dan PMI Yogyakarta) Lho… Kok malah iklan… :p

Ngisi form ketidaklolosan bagi pendonor (@amplas plaza)


Snack yang dikasih :p (wuenak)
Nah, sebaiknya kalo mau donorin darah, cob abaca-baca sekilas di internet ato dimana aja, biar nggak terlalu kecewa nantinya kalo nggak lolos jadi pendonor. Dan bagi yang sudah pernah mendonorkan darahnya, terima kasih banyak ya… Insyaallah akan dapat balasan dari Tuhan yang maha Esa. Dan bagi yang belum pernah mendonorkan, ayo sama-sama kita mencoba untuk memberikan apa yang kita punya, karena terkadang apa yang kita miliki terdapat hak orang lain didalamnya. So, belum ada kata terlambat.

Friday, March 16, 2012

Mesjid Agung Islamic Center

Mesjid Agung Islamic Center terletak di kota Pasir Pangaraian, Riau. 
Kota yang dijuluki negeri seribu suluk. 
Mesjid ini merupakan realisasi perkembangan kota Pasir Pangaraian dan icon daerah oleh bupati saat ini.

















Thursday, March 15, 2012

Brutal Simplicity Of Thought

http://www.brutalsimplicityofthought.com/#home 
Nice Brutal Simplicity Of Thought...
Nice Book...

Atarkan Zakatmu


Muliakan anak yatim, bukan diremehkan. Dengan cara apa? Dengan membayar zakat. Siapakah anak yantim yang harus kita santuni? Batas umurnya adalah anak 17 tahun kebawah, bukan 17 keatas yang harus disantuni. Tapi harus selalu menghormatinya. Karena anak 17 tahun keatas sudah baligh dan sudah bisa mandiri. Biarkan ia berkembang dan bereksplorasi. Hehehe... Seperti yang telah tak denger tadi pagi di Trans TV, zakat itu adalah kotoran. So, yang namanya kotoran harus kita buang. Kotoran itu tidak ada gunanya untuk kita. Kalo kotoran sudah dikeluarkan, maka akan banyak sekali kegunaannya bagi tubuh kita. Sehingga tubuh akan merasa lega. Nah, seperti itu juga ilustrasi dalam berzakat.

Boleh jadi kaya, tapi kaya yang dermawan. Boleh jadi banyak harta, tapi harus banyak merasa. Agar kita bisa selalu bersyukur pada-Nya. Karena tidak ada yang kekal didunia ini. Semuanya titipan. So, gunakan dengan sebaiknya segala fasilitas yang ada. ^_^

Nah, kembali ke zakat. Zakat itu bukanlah membagikan pada anak yatim dan orang miskin dengan cara mendatangi rumah dengan berdesakan bahkan ada yang meninggal dunia. Tapi antarkanlah zakatmu. Antarkan selagi kau mampu. Jangan merasa mereka yang butuh kita. Tapi kita yang butuh mereka. Dengan adanya mereka, kita dimudahkan dalam beramal dan berbuat baik. Dan ingat! Tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah. Dan jangan lupa! Berinfaqlah/bersedekahlah dengan cara diam-diam. Karena cara sembunyi lebih baik daripada diketahui orang lain.

Dalam Do’aku

Assalamu’alaikum...

Apa kabarmu wahai adik-adikku? Semoga kalian sehat dan baik-baik saja. Sedang apa kalian? Lama sudah rasanya tidak bertemu. Rindunya kakak sama kalian, dik... Rindu yang menyerang, nyaris hampir setiap hari. Dengan rasa rindu yang kurasakan, aku bisa berdo’a untuk kalian, selain dalam solatku. Karena tiap aku merindukan kalian, do’aku langsung terbesit dalam hati dan fikiran.

Ku berdo’a agar saat kita tua nanti bisa berkumpul bersama di kampung halaman dengan suami dan istri kita serta generasi yang akan melanjutkan perjalanan kita nantinya. Ku ingin kita bisa saling memahami satu sama lain. Saling membantu satu sama lain. Ku tau, sebagai kakak paling tua, aku banyak melakukan kesalahan dan sering mencontohkan kebiasaan yang tidak baik bagi kalian. Tapi kakak akan berusaha dengan sebaiknya agar bisa menjadi wanita yang baik dan lebih baik lagi bagi kalian dan keluarga kita.

Oh adik ku Yoga, Robby, Apip...

Maapkan kakak yang suka ngomal-ngomel, marah, menggertak kalian. Mungkin waktu itu kakak sedang marah sekali pada kalian, tapi dibalik itu kakak terkadang menyesal, dan dibalik itu semua banyak harapan yang kakak simpan untuk kalian. Kalian harus ingat dik, laki-laki itu mustinya harus lebih kuat. Laki-laki harus bisa menjaga keluarganya. Laki-laki harus berani dan nggak cengeng. Jadilah kalian lelaki yang mandiri. Jadilah kalian lelaki yang selalu semangat dalam meraih cita-cita dan jadilah lelaki yang bisa menjaga amanah dari siapapun, apalagi Allah SWT.

Berusahalah dengan semaksimal mugkin dan sebaik mungkin. Jujur!!! Jujur adalah perbuatan yang sangat mulia. Jujur terhadap diri sendiri, mengakui kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Tetaplah tersenyum saat kalian lelah dalam menjalankan amanah dari orang tua kita dan menjalankan amanah dari Allah.

Dalam do’aku...

Jadi apapun kalian kelaknya, kakak akan selalu mendukung kalian. Asalkan kalian suka dan mencintai apa pilihan kalian. Selagi itu baik. “Do what you love...” Jangan karena keterpaksaan.

Salam rindu,          


Kak Cici              

Wassalamu’alaikum...

Tulisan ini diikutkan pada GIVEAWAY :  Aku Sayang Saudaraku yang diselenggarakan oleh Susindra.

It's Me 'n Her


Perkenalkan sodara-sodara, namaku Cici Pratama, aku berasal dari desa kecil di utara provinsi Bengkulu. Aku menghabiskan waktu di kampung halaman mulai dari lahir sampai kelas 6 SD dan melanjutkan perjalanan ke kampung orang dengan kata lain merantau ke kampung sebelah, provinsi Sumatera Barat, tepatnya di ponpes Diniyyah Puteri Padang Panjang selama 6 tahun (SMP dan SMA). Nah, disanalah aku bertemu dengan seseorang yang sangat menginspirasiku. Dia adalah Ainun Mardhiah, asal Pasir Pangaraian, Riau. Umurnya 3 tahun diatasku. Nah, aku mulai kenalan dengan kak ainun saat duduk di kelas 3 SMP dan kakak tersebut kelas 3 SMA.

Hm... Aku tidak terlalu dikenal banyak orang waktu itu di ponpes. Aku pendiam, pemalu, dan sering menyendir dan itu tidak berlaku pada kakak. Kakak sangat dikenal saat itu, dia aktif dan pintar. Aku sempat kagum sama kakak tanpa diketahui olehnya. Suatu saat saya iseng mau minta kenalan dengan kakak. Nah, dari sanalah aku memulai dunia baru. Bersama kakak, aku mulai membuka fikiran sedikit demi sedikit. Sejak itu aku bisa menaikkan nilai bahasa Inggis yang biasanya tidak beranjak dari angka 30 sampai 50 dengan hampir tiap malam belajar privat dengan kakak. Saat itu aku bisa mengerti perlahan-lahan apa yang dipelajari dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah...

Sejak kakak mulai kuliah ke Surabaya, akupun melanjutkan sekolah di ponpes yang sama hingga aku tamat dan berangkat ke Jogjakarta untuk melanjutkan kuliah. Komunikasi kami tak pernah putus sejak kakak kuliah. Ia sering mengirimkan sesuatu yang unik-unik dari kota Surabaya ato kota lain yang ia kunjungi. Kami sudah seperti saudara kandung. Sampai aku kuliah, komunikasi kamipun tidak terputus dan kami sering jalan bareng kalo ada waktu liburan. Jalan ke WBL, ke merapi, ke mall, ke bonbin, rafting, pergi wisata kuliner hingga kami menambah bobot yang sangat drastis. Nah, ini adalah foto kami saat menaiki punak gunung Bromo.


Dengan kegiatan kecil seperti ini, aku semakin banyak belajar dari alam dan pastinya dari kakak. Terima kasih kakakku sayang. Banyak hal yang telah kau ajari padaku baik secara langsung maupun tidak. Banyak hal-hal kecil dan hal-hal besar yang bisa ku amalkan saat dekat denganmu. Aku sayang kakakku... Aku sayang saudaraku... Semoga ini kekal dan diberkahi Allah. Amin.

Tulisan ini diikutkan pada GIVEAWAY :  Aku Sayang Saudaraku yang diselenggarakan oleh Susindra.