Wednesday, February 22, 2012

Al-Baqarah : 215

Anjuran Infaq Kepada Orang Tua

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infaqkan. Katakanlah, "Harta apa saja yang kamu infaqkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin, dan orang2 yang dalam perjalanan." dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengertahui.

Nah, kadang2 cici sempat bingung, kalo mau infaq itu mau di infaqkan ke siapa. nah, setelah punya niat untuk menulis index keluarga yang terdapat pada Syamil Al-Quran Special For Woman dan merincinya sedikit2 sekuat tenaga, ternyata ketemu deh sama ayat yang satu ini. Alhamdulillah ya... ^_^

Oya, ternyata Rasulullah menyampaikan kepada kita apa yang telah Allah tetapkan pada kita untuk berinfaq pada orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin, dan orang2 yang dalam perjalanan. Whooooa, ada orang tua juga teernyata ya? Yap! Yang pertama pula... So, kalo bingung mau infaqin infaqnya kemana, ke orang tua aja... ^_*

Hm, ada urutan dalam memberikan berinfaq sesuai dengan apa yang ada pada ayat adalah:
-Orang tua
-Kerabat
-Anak yatim
-Orang miskin
-Orang2 yang dalam perjalanan

Maksudnya, bukan lah harus urut seperti itu. Tapi tentu saja berinfaq itu sesuai dengan orang yang membutuhkan. Tapi kalo semua orang2 yang disebut diatas sedang membutuhkan, maka sesuaikanlah dengan urutan tersebut. Ok? Understand? Ya, kalo g, maka pilihlah bagi yang lebih membutuhkan infaq tersebut.

Oya, tau kan bedanya anak yatim dan orang miskin? Yuuup!!! Kalo anak yatim adalah anak2 yang tidak memiliki ayah kandungnya lagi. Tapi kalo orang miskin, orang yang mungkin tidak memiliki harta yang bisa mencukupi kehidupannya. 

Nah, kalo ada tamu kita yang sedang atau akan melaksanakan perjalanan, ini juga merupakan tempat kita untuk berinfaq kepada mereka yang melakukan perjalanan. Karena, biasanya orang yang sedang di perjalanan membutuhkan uang atau material lainnya.

No comments:

Post a Comment