Monday, December 19, 2011

An Enjoyable Study

Hm... Sebagai mahasiswa, kita mempunyai cara tersediri dalam belajar. Baik itu proses belajar yang efektif dan cara belajar itu sendiri. Yah, suka-suka aja... Kalo sukanya sendirian, ya jalani gimana maunya. Kalo suka berkelompok, cari teman-teman yang bisa diajak belajar bersama. Dan lain sebagainya.

Banyak cara dan bentuk belajar masing-masing orang. Jadi jangan suka menilai dari satu sisi saja. Contohnya, ada teman saya di kelas, yang kalo lagi jam perkuliahan dia suka bobo. Yah, SLEEPING!!! Hm... Sepintas, kalo dilihat, tu anak kok bisa-bisanya tidur dengan nyenyak nya... Ya kan? Nah, tenyata ntu anak pinter buanget rek! Ternyata seperti itulah cara ia belajar. Saya juga kurang tau. Mungkin saat ia tidur, telinganya malah berubah menjadi telinga kelelawar yang telinganya sangat peka terhadap suara. Mungkin saat itu, dia juga merekam apa yang sedang dibahas oleh dosen di depan kelas. (saya juga kurang tau)

Nah, terkadang juga ada yang malah suka bolos kuliah, tapi dia juuga dapetin apa yang telah didapatkan teman-teman lain di dalam kelas. Mungkin aja dia suka nya belajar sendiri (nggak di kelas). Jadi, it's not a big problem, righht??? 

Just do what you need to do...

Say what to need to say...

Tapi, saya pernah baca di buku "Panduan Belajar di Fakultas Kedokteran UMY" tentang cara belajar yang nyaman untuk kaum mahasiswa/i. Tapi tetap ingat, nggak semua orang itu sama lo ya... So, just take what you like ^_^. Caranya:

Mulailah belajar saat ini juga  -> Ini dimaksudkan untuk jangan menunda-nunda apa yang ada didepan mata kita sekarang. Dengan menenangkan hati dan fikiran.

Hadir di setiap kegiatan -> Ini dimaksudkan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang mendukung dan menunjang perkuliahan dan wawasan kita.

Bentuklah kelompok belajar -> Dengan berdiskusi, kita akan mudah memahami suatu pelajaran.

Membangun kebiasaan belajar sejak awal ->  Jadi diusahakan sebelum materi akan diberikan, sudah membaca kisi-kisi inti pelajaran yang akan di terangkan.

Mintalah bantuan bila perlu -> Malu bertanya, sesat dijalan. Masih ingat kan, kata-kata itu?

Bangunlah pikiran danperilaku positif -> Kurangi sifat mengeluh dan terlalu banyak pertimbangan dalam melakukan sesuatu.

Jangan pernah menyerah -> Bukan berarti harus belajaaaaaaar terus. Kalo jasad dah capek, ya di istirahatkan sementara waktu biar bisa melanjutkan perjuangan.

Belajar dari kegagalan -> Gagal bukan berarti terhenti disana saja. Kita harus banyak mengoreksi diri agar kita bisa belajar dari kegagalan.

Dengarkan kata hati -> Hilangkan rasa takut, yang sebenarnya hati ini sesak sekali ingin melakukan nya. Jangan ragu-ragu (think and do it!)

Mintalah restu OrTu -> Jangan lupa minta maap kepada kedua OrTu dan berterimakasih pada mereka.

Berdo'a -> Agar Tuhan kita mengabulkan apa yang kita inginkan dan memudahkan segala urusan kita.

No comments:

Post a Comment