Thursday, December 1, 2011

Breast

Hm... Kali ini kita bukan membahas tentang ASI ya. Well, kita akan bahas tentang "BREAST". EngIngOng... Payudara (mamma) merupakan suatu organ dalam tubuh manusia yang mempunyai lumayan banyak kegunaan, terutama bagi para wanita. Letaknya dibagian atas tubuh dari spesies manusia (wanita dan perempuan).

Payudara memiliki bagian2 diantaranya: jaringan adiposa, lobulus dan alveoli, sinus laktiferus (ampula), duktus laktiferus, puting, aerola. Payudara ditopang oleh muskulus pektoralis mayor. Nah, pada wanita yang telah bersalin, payudara dapat mengeluarkan sekresi cairan -> "BREAST FEEDING" yang digunakan untuk menyusui bayinya.

Perkembangan payudara itu dimulai saat pubertas (tau kan, apa itu puber???). Perkembangan ini distimulasi oleh esterogen yang berasal dari siklus bulanan seksual wanita. Hormon esterogen merangsang pertumbuhan kelenjar mammaria ditambah dengan deposit lemak untuk memberi masa payudara.


Nah, kalo pertumbuhan nya, sudah di mulai sejak kita masih kecil (baca: hanya untuk wanita). Pertumbuhan payudara itu ditandai dengan pembesaran/penonjolan ukuran payudara yang terjadi secara bertahap pada wanita.  Dan juga bisa memuncak pertumbuhannya pada masa kehamilan.

Lha, trus apa nih point nya???
Sabar ya, para penonton...
saya juuga bingung mau nyampein apa. Sampe2 ngulang sedikit pelajaran di kampus. Hehehe...
Nah, mungkin ini agak sedikit bercampur2 ya. Tak bahas aja apa yang bisa di bahas. Oke? :p

Oya, hanya sekedar info...
Kalo payudara itu wajar aja kok bisa ngendor. Selagi itu bukan penyakit. Terkadang saya sering mendengarkan keluhan2 seperti itu. Ingat! Selagi itu nggak kelainan ato penyakit, ya nggak apa2... Tapi kalo emang terjadi penurunan hormon esterogen itu biisa nyebabin kekenyalan menurun dan tampak kendor.

Karena, biasanya siap pubertas tidak terjadi lagi pembangan payudara yang sangat spesifik. Kecuali kalo gemuk karena bertambahnya lemak, maka bertambah pula masa jaringan adiposa/lemak payudara. Dan sekali lagi tak ingetin, kalo saat hamil juga akan terjadi pelonjakan perkembangan payudara dikarenakan ada stimulasi yang memacu pensekresian hormon tertentu. So, jangan terlalu cemas ya... Insyaallah nggak apa2 ya? (syahrini styler)

Trus ada sedikit tips nih, buat kita2 para wanita biar bisa mempunyai payudar yang sehat...

*Yang pastinya adalah menjaga berat badan agar tiidak terjadi obesitas. Karena obesitas ini sangat berbahaya kalo nggak di kontrol. Maksudnya para penderita obes memangg mempunyai faktor risiko banyak penyakit. :( Nah, salah satu caranya adalah melakukan olahraga yang ringa tapi konsisten. Misalnya maraton dan sepedaan.

*Konsumsilah makanan dan minuman yang mencegah pemicu kanker payudara dan penyakit payudara lainnya. Misalnya makan sayur dan buah yang mengandung antioksidan serta minum air putih yang banyak. Hindari konsumsi alkohol karna bisa memacu banyak penyakit.

*Selain itu, harus menjalankan hidup yang bersih. Karena "Bersih pangkal Sehat"

*Pelajari lah riwayat2 penyakit keluarga masing2. Siapa tau kita memiliki faktor risiko. Dan lakukan lah pemeriksaan rutin, misalnya ke dokter atau ahli dibidang kesehatan. Tapi biar lebih ngirit, coba aja pelajari cara pemeriksaan payudara yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Let's keep our breast for the best breastfeeding... :D

No comments:

Post a Comment