Saturday, December 31, 2011

Pentingnya Setetes Air

http://lestariairku.dagdigdug.com 
Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, mari kita review kembali apa itu ‘konservasi’. Saya sempat baca di situs pendakierror.con, Konservasi itu berasal dari kata ‘conservation’ yang terdiri dari kata ‘con’ (together) dan ‘servare’ (keep/save) yang memiliki pengertian mengenai “upaya memelihara apa yang kita punya, namun secara bijaksana.” Ide ini dikemukakan pertama kalinya oleh Theodore Roosevelt (1902) yang merupakan orang Amerika.

Sedangkan menurut Rijksen (1981), “konservasi merupakan suatu bentuk evolusi kultural dimana pada saat dulu, upaya konservasi lebih buruk daripada saat sekarang.” Dari situs yang saya baca, konservasi juga dapat dipandang dari segi ekonomi yang berarti mencoba mengalokasikan sumber daya alam untuk sekarang dan dari segi ekologi merupakan alokasi sumber daya alam untuk sekarang dan masa yang akan datang.

Sedangkan air itu berbentuk zat cairan berasal dari senyawa O2 dan merupakan suatu kebutuhan dasar bagi makhluk hidup. Air sangat dibutuhkan oleh binatang dan tumbuhan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Begitu pula halnya untuk manusia. Manusia sangat membutuhkan air baik untuk bertahhan hidup (minum) maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, masak, membersihkan rumah, mencuci, dll. Karena kandungan air dalam tubuh manusia itu berkisar 60% dari berat badan dan dari 60% itu sendiri, pada otak sekitar 90% nya air dan pada aliran darah 95% air. Agar dapat menjaga kestabilan tubuh (homeostatis) dibutuhkan air, tentunya air bersih. Sehingga, tidak bisa disangkal lagi bahwa kita harus menjaga dan melestarikan sumber daya air dengan baik dan bijaksana.

We all need water for our life...
I need you, water...
Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa konservasi sumber daya air itu merupakan bentuk pelestarian, pemeliharaan, maupun pemerbudidayaan sumber daya air dengan cara bijaksana dan benar. So, we have to save our water together for the better life and quality of life. Nah, pelestarian ini bisa juga dipandang dari segi ekonomi dan ekologi sebagaimana yang sudah saya singgung tadi. Konservasi itu harus kita lihat di masa sekarang bagaimana keadaan dan kejadiannya terhadap sumber daya air dan jangan lupa, dengan adanya masalah-masalah di saat sekarang, kita harus pikirkan apakah memiliki dampak yang besar terhadap kita nantinya. So, it’s so important to be attention.

Sebagaimana kita tahu, semakin hari penggunaan air sangat tinggi dan sebaliknya, produksi air pun alias persediaan air di muka bumi pun mulai menurun. Sehingga dengan katidakseimbangan hal tersebut, dibutuhkan cara-cara agar dapat menyeimbangkannya. Menurut pendapat saya, salah satu caranya adalah dengan mematikan kran air yang telah dipakai. Intinya, jangan kebablasan sehingga menyebabkan air meluap dari bak mandi. Lalu pergunakan air dengan sebaik dan sehemat mungkin. Jangan dikit-dikit mau di cuci, dikit-dikit mau di siram, dikit-dikit mau di buang. Itulah yang membuat pemborosan. Padahal saudara-saudara kita yang mengalami kekeringan, belum tentu dapat memiliki air sebanyak yang kita punya. Jangankan air bersih apalagi air higienis, air apa saja lah statusnya mereka sulit mendapatkannya. Makanya saya sangat senang dengan instansi yang punya antusias dalam penanggulangan krisis air dimuka bumi ini terutama dinegeri Indonesia tercinta. Baik dengan penyuluhan-penyuluhan maupun pengumpulan dana untuk mempermudah saudara-saudara kita yang lain dapat memperoleh sumber daya air. So, hemat-hematlah menggunakan air... ^_^

Nah, kita juga bisa melihat kebersihan air itu dari bau, warna, rasa, dan kandungan logamnya (ini lebih ke higienis sih, menurutku). Jadi air bersih itu normalnya nggak ada bau, warna, dan rasa. Menurut saya, pelestarian air juga bisa ditingkatkan dengan menanam pohon alias reboisasi agar tidak terjadi pengikisan tanah yang dapat menyebabkan banjir yang bisa berdampak air kotor tersebar dimana-mana. Terkadang saya nggak abis pikir, kenapa sih air yang kita konsumsi sekarang sering banget tercemar? Yaaaah, pasti jawabannya ulah manusia dong. Masa hewan ato tumbuhan? Kadang kelalaian manusia kadang juga kesengajaan ato ketidaksengajaan, intinya belum ada kesadaran dari diri masing-masing dan dari instansi masing-masing.

Oya, sampah sepertinya juga mengambil hadle dalam urusan pelestarian air. Karena kalo sampah banyak berserakan tidak pada tempatnya, itu juga bisa buat banjirkan? Buat air terbendung dan kotor. Nah, inget juge ni ye... Buanglah sampah pada tempatnya. Jangan asal buang ajeeeeee. :D

Hm... Menghemat air bukan berarti mengurangi porsi kita untuk minum lo ya... Menghemat air itu bagaimana cara kita melestarikan air dengan sebaiknya agar dapat digunakan untuk hari-hari selanjutnya. Untuk menghasilkan air dengan cara lain adalah menyediakan tong air dirumah. Supaya air hujan bisa ditampung di tong itu dan juga bisa pake sumur bor juga trus di alirin ke tong, katanya juga lebih bersih. Kan air hujan juga bisa di pake buat siram bunga ato nyuci piring. Ya nggak?


Nah, dari makanan pun juga bisa menghemat air. Kan kita sudah tahu kalo tubuh kita sekitar 60% nya adalah air. Tiap kita makan makanan, tubuh juga butuh air untuk penyerapannya dalam tubuh. Nah, makanan seperti daging-dagingan memerlukan air yang sangat banyak untuk diserap menjadi nutrisi yang berguna bagi tubuh kita. Kan jadi bikin boros pake air. Jadi vegetarian or vegan secara tidak langsung telah menghemat penggunaan air. ^_^ Nih, tak kasih contoh kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh dalam penyerapan makanan:
Ni foto tak ambil dari daftar menu restoran "Loving Hut"
Nah, mari kita tingkatkan pelestarian air dan air bersih dirumah kita masing-masing coz setes air itu sangat penting. The important of a drop of water.

...Enjoy Aja...


Apapun kondisinya
Apapun fotonya
Apapun isi blognya
"Enjoy aja"

Friday, December 30, 2011

I am Just a...


I am just the grass
Aku hanya rumput-rumput yang,
Kadang bisa memperindah pemandangan
Kadang malah bisa merusak pemandangan
Karena aku hanya rumput yang tak berdaya
Karena aku hanya bisa di budidayakan

On the Road




My Wish

I wanna go home, when the air plane is disappear on my sight

Look at this sky, so wonderful
Can I sit on the cloud?

Like my sister has told, "I really wanna sit there for reading and taking some pictures"

To the Sky

I really wanna be like  these birds
Fly away anywhere I want

Peace ^_^



My View on Difabel

Perhatian dan pengetian merupakan suatu kebutuhan manusia. Yah, saya sendiripun sangat membutuhkan 2 hal tersebut. Saya rasa, semua orang yang hidup memerlukannya. Bagaimanapun bentuk dan cara penyalurannya, yang namanya kebutuhan, harusnya atau mestinya dapat terpenuhi. Betuuuuul??? Begitu pula dengan para difabel.


Siapa yang tidak ingin hidupnya sempurna? Siapa yang tidak ingin diperhatikan? Nah, cerita ini bermula dari “perjalanan” saya. Setiap saya berjalan menyusuri jalan, melewati taman, melewati apa saja. Saya sangat terkesan dengan instansi atau tempat-tempat yang mempunyai inisiatif dan perhatian terhadap para difabel. 


Intinya, kita semua sebagai manusia ingin sekali diperlakukan sama dengan yang lainnya. Nah, ini juga merupakan salah satu unsur dari ‘hukum’. Sebagaimana yang telah kita ketahui, hak dan kewajiban manusia adalah sama di mata hukum. So, memang sudah seharusnya hukum pun mempunyai kewajiban untuk melindungi para difabel. Seperti foto yang saya ambil dibawah ini, ternyata sudah lumayan banyak fasilitas-fasilitas umum yang dapat juga digunakan oleh para difabel. Seperti kamar mandi, jalan masuk ke suatu bangunan, lift, halte bis kota, dan didalam bis itu sendiri.

There is no different, isn't???






Saya juga memperhatikan beberapa tempat yang sudah peduli dengan hal tersebut. Seperti di Ambarukmo Plaza di Yogyakarta, mulai dari jalan masuk kedalam mall, sudah terdapat jalan yang miring dan rata untuk para difabel yang menggunakan kursi roda. Disana juga disediakan kursi roda yang standby bisa dipakai untuk costumer atau pendatang yang masuk ke mall tersebut. Lalu lift yang juga disediakan untuk para difabel agar dapat memudahkan mereka untuk naik-turun antar lantai. Lalu kamar mandi pun juga telah disediakan yang di pintu masuk kamar mandinya terdapat penahan pintu dibagian atasnya supaya memudahkan mereka untuk masuk, serta didalamnya terdapat pegangan tangan yang bisa mereka pegang. 





Trans Jogja juga medesign haltenya supaya para difabel mudah menggunakan fasilitas kendaraan tersebut dengan jalan masuk haltte yang miring dan licin alias nggak pake tangga. Trus di dalam bis Trans Jogja juga disediakan tempat untuk kursi roda bagi yang menggunakan kursi roda.

Salah satu cerita yang saya tahu tentang difabel ini, yakni dari kakak saya yang melakukan studi banding di suatu tempat di sekitar UGM (Universitas Gajah Mada).  Kebetulan kakak saya jurusannya Sastra Inggris, studi banding tersebut di dapat dari mata kuliah etika. Kakak saya berhadapan dengan difabel yang  profesi mereka, dikagumi oleh kakak saya. Di tempat tersebut seperti markasnya sastrawan dan para penikmat sastra. Wuiiiiih, mantap banget kan? Saya aja penasaran banget sama tempat tersebut. 


Nah, ditempat tersebut (maap, kakak saya lupa apa nama tempatnya :D) lumayan banyak sastrawan dan penikmat sastra yang difabel. Mereka tetap bersemangat dan kelihatan sangat ceria dan memiliki impian yang tinggi, bahkan melebihi impian kita yang tidak menyandang difabel. Disana kakak saya sangat senang sekali melihat kehebatan mereka. Mereka tidak ada dibedakan sedikitpun antara yang satu dengan yang lainnya. Begitu pula antara yang difabel dengan yang tidak. Mereka di perlakukan sama. 


Nah, disinilah kakak saya dan saya (baca: yang hanya mendengar cerita kakak saya) sangat terkagum dengan para difabel yang bisa menyeimbangkan diri serta selalu mengembangkan diri mereka. Poin yang saya dapat disini adalah bahwa yang namanya difabel itu ternyata tidak manja dan semua bergantung pada orang lain. Mereka masih bisa berkarya dengan keterbatasan fisik yang mereka punya. Karena sebenarnya bukanlah fisik yang paling dipentingkan, yang sangat amat dipentingkan itu adalah bagaimana kita menyikapi kehidupan ini dengan pikiran yang terbuka dan selalu ingin maju dan bisa bermanfaat bagi orang lain.


Nah, lain cerita, ini bukan tentang cerita lagi tapi pendapat saya sendiri. Siapa yang tahu sinetron ‘Glee’??? Yah, bagi yang belum tahu, ‘Glee’ adalah salah satu sinetron yang berasala dari negara nan jauh disana, Amerika. Karena yang namanya sinetron, jadi ada banyak episode to? Nah, pada sinetron Glee episode 2, saat mereka menyanyi dan menari bersama diatas panggung. Yang saya tangkap adalah sudah seharusnya tidak ada sesuatu lagi yang bisa dipisahkan antara orang yang difabel dengan yang tidak. 


Di film singkat-bersambung ini, ada salah satu dari mereka yang difabel. Ia menggunakan kursi roda. Dia di letakkan di posisi tengah dan paling depan saat berkolaborasi dengan pemain-pemain yang lain. Nah, disinilah bisa terlihat jelas oleh para penonton maupun para kru film tersebut bahwa sudah adanya peningkatan kesadaran manusia terhadap para difabel yang memiliki keterbatasan mobilitas, seharusnya memang kita semua harus diperlakukan sama. 


Disini saya lagi dan lagi terkagum serta tersintak bahwa sebenarnya orang difabel itu punya sesuatu yang “wah”. Dalam artian, para difabel ternyata tidak selemah yang pernah kita lihat dengan mata telanjajng saja. Coba kita buka mata hati dan pikiran kita tentang difabel. Mereka sebenarnya tidak lemah dan mampu juga melakukan hal yang sama seperti kita yang tidak memiliki keterbatasan fisik sedikitpun.

Wah, sudah banyak banget ya cerita saya. Ntah nyasar kemana-mana, yang penting tersampaikan apa yang saya maksudkan. Semoga kita bisa selalu mengoreksi diri dan menyadari bahwa antara difabel dan yang tidak itu nggak punya perbedaan. Bedanya cuma tipis tok! Tipiiiiis banget, hanya di terbatas dan tidak nya mobilitas. So, mari kita hargai para difabel dengan menyediakan fasilitas yang layak pakai serta denga tidak membedakan status dan yang lainnya. Dan kita semangati diri kita masing-masing agar selalu berbenah diri untuk saling bahu-membahu karena kita semua adalah manusia yang penting, manusia yang dibutuhkan oleh negara kita, dan kita adalah satu. 

Monday, December 26, 2011

Red House


Red House? Apaan ya??? @_@

Kalo dalam benak saya, red house adalah sebuah rumah/ tempat yang sangat mengerikan. Hahaha, karena kebayang darah gitu, kan red. Ora nyambung yo...

Jadi awal ceritanya, saya dan kakak bingung banget mau ngenet dimana. Hahaha, mana lagi kere. Biasanyakan, tempat2 yang ada free wi-fi itu adanya di tempat2 yang agak mengguras kantong. Katanya free, padahalkan emang dah seharusnya ada wi-finya. Nah, kami bingung, mau kemana ya? Mana lagi kena KanKer (kantong kering). Hahaha...

Setelah berlama2 memutar menyusuri jalan dan seisinya, terbesit di benak saya -> ingat aja, kalo di dekat kampus, ada yang namanya "Red House". Tapi belum tau, apa itu Red House. Ntah tempat maem, ntah tempat ngopi (minum kopi lo ya... bukan ngopy kertas), ntah tempat apalah... Akhirnya kami baca di plangnya. Ternyata tempat wi-fian sekalian tempat ngopi gitu.

Finally, kami bisa mengenet juga di tempat yang harganya terjangkau dan so comfortable. So, you must try it once. And insyaallah you'll be addicted. Hahaha... Apalagi di tempat bagian belakangnya... So romantic. ^_^

Adapun cara2nya:

Parkir dulu kalo bawa kendaraan. 'jangan lupa dikunci, biar lebih aman'

Daftarin diri ke mas yang jaga. Biasanya dia minta nama kita aja, yang mau pake wi-fi, biar digunain untuk password dan username nya

Trus cari aja tempat yang nyaman. Ada yang di dalam ruangan dan di belakang dengan lesehan -> kalo pilih yang di lesehan, jangan lupa bawa obat nyamuk ya, ato autan gitu coz ada teman kita yang sangat amat kecil yang suka maling darah kita. Hahahaha!

Biasanya, disuguhin daftar/ menu makanan dan minuman. Saya prefer buat pesan ginger tea and lipat keju' maknyuuuuus enaknya

Trus klik 'internet access' di tool bar trus conect-kan yang 'RH' pada pilihan wireless network conections


Kalo dah konek, buka aja browser yang akan kita pake trus ketik 'username' dan 'password' sesuai dengan yang kita daftarin tadi.


Oya, sekedar info aja...
Kecepatan nya hingga 510kb/detik
Biaya nya Rp. 2000 per jam
Jangan lupa bawa laptop dan charger sediri, kan wi-fi

Selamat menikmati.... ^_^

Monday, December 19, 2011

An Enjoyable Study

Hm... Sebagai mahasiswa, kita mempunyai cara tersediri dalam belajar. Baik itu proses belajar yang efektif dan cara belajar itu sendiri. Yah, suka-suka aja... Kalo sukanya sendirian, ya jalani gimana maunya. Kalo suka berkelompok, cari teman-teman yang bisa diajak belajar bersama. Dan lain sebagainya.

Banyak cara dan bentuk belajar masing-masing orang. Jadi jangan suka menilai dari satu sisi saja. Contohnya, ada teman saya di kelas, yang kalo lagi jam perkuliahan dia suka bobo. Yah, SLEEPING!!! Hm... Sepintas, kalo dilihat, tu anak kok bisa-bisanya tidur dengan nyenyak nya... Ya kan? Nah, tenyata ntu anak pinter buanget rek! Ternyata seperti itulah cara ia belajar. Saya juga kurang tau. Mungkin saat ia tidur, telinganya malah berubah menjadi telinga kelelawar yang telinganya sangat peka terhadap suara. Mungkin saat itu, dia juga merekam apa yang sedang dibahas oleh dosen di depan kelas. (saya juga kurang tau)

Nah, terkadang juga ada yang malah suka bolos kuliah, tapi dia juuga dapetin apa yang telah didapatkan teman-teman lain di dalam kelas. Mungkin aja dia suka nya belajar sendiri (nggak di kelas). Jadi, it's not a big problem, righht??? 

Just do what you need to do...

Say what to need to say...

Tapi, saya pernah baca di buku "Panduan Belajar di Fakultas Kedokteran UMY" tentang cara belajar yang nyaman untuk kaum mahasiswa/i. Tapi tetap ingat, nggak semua orang itu sama lo ya... So, just take what you like ^_^. Caranya:

Mulailah belajar saat ini juga  -> Ini dimaksudkan untuk jangan menunda-nunda apa yang ada didepan mata kita sekarang. Dengan menenangkan hati dan fikiran.

Hadir di setiap kegiatan -> Ini dimaksudkan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang mendukung dan menunjang perkuliahan dan wawasan kita.

Bentuklah kelompok belajar -> Dengan berdiskusi, kita akan mudah memahami suatu pelajaran.

Membangun kebiasaan belajar sejak awal ->  Jadi diusahakan sebelum materi akan diberikan, sudah membaca kisi-kisi inti pelajaran yang akan di terangkan.

Mintalah bantuan bila perlu -> Malu bertanya, sesat dijalan. Masih ingat kan, kata-kata itu?

Bangunlah pikiran danperilaku positif -> Kurangi sifat mengeluh dan terlalu banyak pertimbangan dalam melakukan sesuatu.

Jangan pernah menyerah -> Bukan berarti harus belajaaaaaaar terus. Kalo jasad dah capek, ya di istirahatkan sementara waktu biar bisa melanjutkan perjuangan.

Belajar dari kegagalan -> Gagal bukan berarti terhenti disana saja. Kita harus banyak mengoreksi diri agar kita bisa belajar dari kegagalan.

Dengarkan kata hati -> Hilangkan rasa takut, yang sebenarnya hati ini sesak sekali ingin melakukan nya. Jangan ragu-ragu (think and do it!)

Mintalah restu OrTu -> Jangan lupa minta maap kepada kedua OrTu dan berterimakasih pada mereka.

Berdo'a -> Agar Tuhan kita mengabulkan apa yang kita inginkan dan memudahkan segala urusan kita.

Saturday, December 17, 2011

Tanda-tanda waqof

Tanda-tanda waqof itu ada beberapa macam, yaitu:


  • "Lam-Alif" : Dilarang berhenti, kecuali pada akhir ayat yang disunnahkan berhenti
  • "Sod-Lam" : Lebih baik diteruskan
  • "Jim" : Boleh berhenti atau meneruskan bacaan
  • "Mim" : Diharuskan berhenti
  • "Qof-Lam" ; lebih baik berhenti
  • "Tanda titik 3, 2 x -> (^ ^)" ; Berhenti pada salah satu tanda

Pedoman praktis berwaqof:


  • Senentiasa berwaqof pada akhir ayat dan berlanjut ke ayat berikutnya tanpa harus mengulang
  • Apabila ditemukan ayat yang panjang, berwaqoflah pada tanda waqof disamping, dan tidak perlu mengulang, kecuali pada tanda "Lam-Alif"
  • Apabila akhir ayat masih panjang dan tidak menemukan tanda waqof, maka berwaqoflah pada akhir nafas dengan mengulang beberapa kata sebelumnya ketika melanjutkan bacaan

NB: Maap ya, nggak bisa nulis tulisan arab nya. Coz nggak punya... ^_^

Broken Wood


Sometimes

We're broken, or at least feel like one

Like a person who can't do anything to save the day

Like this wood

Dry

Hidden behind the wall no one could see

Nice Sunset


I can't get enough of it, more and more. Sunset is sooo beautiful, I don't know how to explain. LOL. I guess you already know how it feels when you look at it, to be around somewhere warm. And say "SUBHANALLAH", Allah is beautiful and loves beauty. He is a creator, THE creator.

Thank You, Allah

A Glass of Iced-Milk


Do  you like 'milk'??? Hm, I'm thinking that oneday I can swim  and get sunk in a milk river, even get drunk. Hahaha... It reminds me when I was little. I'm a huge fan of milk, and still I am.

And remember! Who's on diet and avoid milk, I think their fart doesn't have bad smell. Why? Just find the reason!!!

Hahaha

^_^

Soft Smile

I miss my smile and that sunset
---0---
I really wish I could smile like that again


I used to, when I was a little girl


It was easy

Not like now

It changed

It is so difficult to make it

I can't laugh that free anymore

---0---

And I miss the sunset time

I always calms me down 


Whenever I look at the sky


When I see around

No words spoken

I just can be thankful for what God has given me

...I will remember that sunset...

How do I look?


Errr... I dont know how to start. See the picture above? A pregnant me. Well, I wasn't pregnant of curse. Haha! It's just a joke. My sister took it when we were at my campus spending the evening

Hm, sometimes I couldn't imagine how I'd actually look like, with my stomach so big like that. Mother of God. No, no... I don't wanna imagine that 'now'. No, not again coz I think it will be frustrating. Hahahah...

Let's thank our mother, the reason why we're here now. Mine is so loving and caring. No matter what, I just wanna have her around, and my family. God, send her my salam...

I love my mom :*

Wednesday, December 14, 2011

I Get You Back

Did you know?

I almost lost you

I felt like so far from you

We had long dintance, I guess

I thought that I did everything just like the way I used to

But at that time, thought everything was changed

Everything, just so different

But I kept waiting until "one time"

Until the time was spoken

I could only stay quiet

Until I could handle it alone

I missed you so much that time

And finally you're back for good

It's like nothing happened before

Because I get you back "now"

Thanks for your affection

And thanks for what already happened 

It taught me lots of thing I didn't know

Thaks for everything that you already gave me

I like you like this

I love you like I used to do


Again

^_^




Monday, December 12, 2011

Inner Beauty


I read this sentences when I was on my way going home. "Beauty starts from healthy skin." Yah, I think you already know where was it: a saloon. Is this right? I don't get it at all.

Ya, I agree it's half true, but beauty coming from the inside wins. Outside beauty is useless of you don't have good personality. So, the real beauty is the inner beauty.

And what do you think?

No need to spend much money to "beautify" yourself. Inner beauty is reached through learning and life-lesson. No need to spend much times to appear more beautiful on the outside, then. No need to spend much times to be more interesting. Physical appearance only changes a little of ourselves, plus, they fade away when you get old.

Am I right or...
Am I right? :b

Sunday, December 11, 2011

Something

You know that,

Sometimes we need someone who really cares

Sometimes we need a tight and huge hug

Sometimes we need this and more than just words



Something we can't tell directly

Something that sometimes there is no one knows

And we keep it inside

So deep and far

Something we need

And we don't understand

And we have no wish to tell anyone

Deep inside our heart

Just stay inside

Friday, December 9, 2011

Don't Forget To Pray


Don't forget to pray today

Make this day complete

Don't forget to excuse the bad day and bad time that you have done

Don't forget to forgive your self today

Anytime

Anywhere

Because God will always bless you

Smile for anything happened

Give thanks for what's left

By praying and lots of thankfulness


Friday, December 2, 2011

That Evening




We went away

So far away

Went through the path

And didn't get anything

The montain's air couldn't be reached

The view of the city couldn't be seen

And other things we wanted to do

left undone

But don't be sad or disappointed

Because we were together

Almost always together for every moment

Although we had a little row

Just for that evening

Thursday, December 1, 2011

Breast

Hm... Kali ini kita bukan membahas tentang ASI ya. Well, kita akan bahas tentang "BREAST". EngIngOng... Payudara (mamma) merupakan suatu organ dalam tubuh manusia yang mempunyai lumayan banyak kegunaan, terutama bagi para wanita. Letaknya dibagian atas tubuh dari spesies manusia (wanita dan perempuan).

Payudara memiliki bagian2 diantaranya: jaringan adiposa, lobulus dan alveoli, sinus laktiferus (ampula), duktus laktiferus, puting, aerola. Payudara ditopang oleh muskulus pektoralis mayor. Nah, pada wanita yang telah bersalin, payudara dapat mengeluarkan sekresi cairan -> "BREAST FEEDING" yang digunakan untuk menyusui bayinya.

Perkembangan payudara itu dimulai saat pubertas (tau kan, apa itu puber???). Perkembangan ini distimulasi oleh esterogen yang berasal dari siklus bulanan seksual wanita. Hormon esterogen merangsang pertumbuhan kelenjar mammaria ditambah dengan deposit lemak untuk memberi masa payudara.


Nah, kalo pertumbuhan nya, sudah di mulai sejak kita masih kecil (baca: hanya untuk wanita). Pertumbuhan payudara itu ditandai dengan pembesaran/penonjolan ukuran payudara yang terjadi secara bertahap pada wanita.  Dan juga bisa memuncak pertumbuhannya pada masa kehamilan.

Lha, trus apa nih point nya???
Sabar ya, para penonton...
saya juuga bingung mau nyampein apa. Sampe2 ngulang sedikit pelajaran di kampus. Hehehe...
Nah, mungkin ini agak sedikit bercampur2 ya. Tak bahas aja apa yang bisa di bahas. Oke? :p

Oya, hanya sekedar info...
Kalo payudara itu wajar aja kok bisa ngendor. Selagi itu bukan penyakit. Terkadang saya sering mendengarkan keluhan2 seperti itu. Ingat! Selagi itu nggak kelainan ato penyakit, ya nggak apa2... Tapi kalo emang terjadi penurunan hormon esterogen itu biisa nyebabin kekenyalan menurun dan tampak kendor.

Karena, biasanya siap pubertas tidak terjadi lagi pembangan payudara yang sangat spesifik. Kecuali kalo gemuk karena bertambahnya lemak, maka bertambah pula masa jaringan adiposa/lemak payudara. Dan sekali lagi tak ingetin, kalo saat hamil juga akan terjadi pelonjakan perkembangan payudara dikarenakan ada stimulasi yang memacu pensekresian hormon tertentu. So, jangan terlalu cemas ya... Insyaallah nggak apa2 ya? (syahrini styler)

Trus ada sedikit tips nih, buat kita2 para wanita biar bisa mempunyai payudar yang sehat...

*Yang pastinya adalah menjaga berat badan agar tiidak terjadi obesitas. Karena obesitas ini sangat berbahaya kalo nggak di kontrol. Maksudnya para penderita obes memangg mempunyai faktor risiko banyak penyakit. :( Nah, salah satu caranya adalah melakukan olahraga yang ringa tapi konsisten. Misalnya maraton dan sepedaan.

*Konsumsilah makanan dan minuman yang mencegah pemicu kanker payudara dan penyakit payudara lainnya. Misalnya makan sayur dan buah yang mengandung antioksidan serta minum air putih yang banyak. Hindari konsumsi alkohol karna bisa memacu banyak penyakit.

*Selain itu, harus menjalankan hidup yang bersih. Karena "Bersih pangkal Sehat"

*Pelajari lah riwayat2 penyakit keluarga masing2. Siapa tau kita memiliki faktor risiko. Dan lakukan lah pemeriksaan rutin, misalnya ke dokter atau ahli dibidang kesehatan. Tapi biar lebih ngirit, coba aja pelajari cara pemeriksaan payudara yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Let's keep our breast for the best breastfeeding... :D