Sunday, October 2, 2011

SunMor

Alhamdulillah... Today is the weekend. It’s Sunday... Mungkin kalo di jogja, ada yang lagi beraktifitas di pasar yakni berjualan ato kegiatan yang lainnya. Biasanya pagi hari minggu ini di UGM lagi ada yang namanya ‘SUNMOR’ dibaca ‘sanmor’. Kepanjangan dari Sunday morning. Biasanya katifitas disana belanjaan gitu deh. Nah kalo cici biasanya kalo pulang dari sunmor, bisa tepar. Kalo nggak kecapen, kalo nggak kepanasan, kalo nggak sakit kepala. Karena pemandangan yang dilihat bukanlah seperti pasar2 yang biasa nya kita kunjungi, apalagi kalo ke supermarket, ya nggak mungkin ada kek gitu. Karna ini sangat beda... Sangat padat, sangat rame, sangat panas, sangat dan sangat yang lainnya. Hahaha...

Nah, oleh karena itu, cici hari minggu pagi ni nggak kemana2. Kecuali jalan2 sama sepeda ontel kesayangan. Hehehe... Jadi cici buat sunmor sendiri. Maksudnya sunmor-an sendirian. Perjalanan dimulai dari kosan menuju jalan ringroad lalu menelusuri jalan sampe ke jalan gamping alias pasar buah gamping dan muter lagi kembali ke kampus tercintah lalu keliling satu putaran sambil mendengarkan musik. Dan yang pernah ketinggalan adalah foto2. Hahaha...


Oke, sekarang cici lanjutkan dengan masak2 di kosan. Bingung sih mau masak apa. Tapi yang namanya anak kosan, masaknya serba simple deh... Yo wes, tak putuskan untuk masak tumis sayur sawi kering, telur dadar acakkadul (dipaksain mirip sama dadar nya ‘SS’ -> dadar gobal-gabul tapi nggak bisa2. Hahaha...), sambel terong cabe ijo, dan yang nggak ketinggalan masak nasi dooong....

my byke
salah satu lorong di desa ngebel
ringroad depan kampus
Tumis sawi kering

Bahan: sayur sawi putih di potong sesuai selera, ebi kering, 2 siung bawang putih dan merah di iris tipis, minyak goreng secukupnya dan garam secukupnya.

Cara masak: panaskan minyak goreng lalu masukkan irisan bawang putih dan merah, goreng hingga agak kekuningan trus masukkan ebi yang sudah di cucui bersih lalu di goreng sebentar dan masukkan sedikit air lalu masukkan sawi serta garam dan tunggu agak setengah masak sayurnya dan angkat lalu hidagkan.

tumis sawi

Telur dadar acakkadul

Bahan: telur sesuai selera, bawang putih dan merah diiris tipis, tomat potong dadu, cabe potong kecil2, garam secukupnya, dan minyak secukupnya.

Cara masak: panaskan minyak goreng dan campurkan sisa bahan lainnya kedalam mangkok dan kocok hingga rata lalu goreng hingga berwarna agak kecoklatan lalu agkat dan hidangkan.
dadar acakkadul

Sambal terong cabe ijo

Bahan: terong sesuai selera, bawang putih dan merah, cabe ijo (cabe dan bawang di blender ato diuleg), garam, ebi, dan minyak untuk menggoreng.

Cara masak: goreng terong hingga sedikit layu dan angkat. Dilanjutkan dengan menggoreng cabe yang telah diblender serta ebi dan tambahkan garam secukupnya lalu tunggu hingga mengeluarkan bau dan setelah itu campurkan dengan terong yang telah digoreng. Selanjutnya angkat dan hidangkan.

Sangat simple bukan? Ya, itu lah cara cici pratama dalam masak. Selamat mencoba. Dan satu lagi, kalo kita masak, bisa ngiriiiiit banget lo. Trus juga bisa lebih sehat dan bersih. Ya nggak???



sambal terong

No comments:

Post a Comment