Monday, September 19, 2011

Pijat Bayi

Kemarin, waktu apip masih berumur 1 bulan, cici usulkan sama ibuk supaya apip di pijat. Kalo orang bilang, kata pijat itu bisa remasan ato sentuhan yang dilakukan di beberapa dearah tubuh bayi. Nah, waktu itu pijatnya Cuma bentar tok, karena takut ayah marah. Maklumlah, anak bungsunya... Jadi agak overprotective gitu laaaah...

Pijat bayi banyak banget manfaatnya... Selain untuk mempererat kasih sayang orang tua kepada anaknya, pijat bayi juga bisa menaikkan berat badan bayi terutama bayi yang prematur. Sehingga nafsu makan bayi pun meningkat. Oya, baik juga untuk perkembangan fisik dan emosi si bayi.

Dalam buku “Pedoman Pijat Bayi”, dr. Utami Roesli, Sp. A, M. B. A menyebutkan bahwa terapi sentuhan (pijat) bisa memberikan efek positif antara lain, kenaikan berat badan dan peningkatan produksi ASI. Hal itu sudah dibuktikan oleh penelitianT. Field dan Scafidi dari Universitas Miami, AS, yang menunjukkan bahwa 20 bayi prematur mengalami kenaikan berat badan 20-47% per hari setelah dipijat 3x5 menit.


Bayi yang berusia 1-3 bulan dipijat selama 15 menit 2x seminggu selama 6 minggu mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi dari pada kelompok bayi yang tidak dipijat. Bayi yang dipijat mengalami peningkatan tonus nervus vagus (saraf otak ke-10). Ini membuat kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin naik sehingga penyerapan terhadap sari makanan pun menjadi lebih baik. Penyerapan makanan yang lebih baik akan menyebabkan bayi cepat lapar dan bisa lebih sering minta nyusu. Sehingga produksi ASI akan semakin banyak dan bertambah.

Rene Spitz, dokter anak dan psikiater dari Amerika melaporkan, bayi yang banyak memperoleh sentuhan, khususnya dari ibu, akan jarang mengalami simptom hipotalamus (gangguan seperti di radang telinga tengah, campak, gangguan usus,dll).

Pengamat T.Field seperti dikutip dr. J. David Hull, ahli vrologi molekuler dari Inggris, dalam makalah berjudul “Touch Therapy”: Science Confirms Instinct, menyebutkan terapi pijat 30 menit per hari bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Tidurnyapun bertambah tenang. Terapi pijat 15 menit selama enam minggu pada bayi 1-3 bulan juga akan meningkatkan kesiagaan (alertness) dan tangisnya berkurang. Ini akan diikuti peningkatan berat badan, perbaiki kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stress, dan bertambahnya kadar serotonin.


Meningkatnya aktivitas neurotransmitter srotonin ini akan meningkatkan kapasitas sel reseptor yang mengikat glucocorticoid (adrenalin). Proses ini menyebabkan terjadinya penurunan kadar hormon adrenalin (hormon stress), dan selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Hm... pantesan si apip, waktu siap di pijat. Beberapa hari bobonya enaaaaak banget. Nyenyak seolah2 tanpa gangguan. Mungkin itu adalah salah satu efek yang didapat ya... Trus, berat badan nya emang tinggi banget di bandingkan bayi2 yang lain waktu posyandu kedua, waktu apip umur 2 bulan kurang. Berat badannya saat umur 2 bulan kurang 1 minggu adalah 6,4 kg...

Hihihi, cici juga nggak tau, itu gemuk ato emang normalnya gitu... Moga2 normal ya... Oya, mari kita pelajari saran para ahli kita, agar dapat meningkatkan keseimbangan jiwa dan raga bayi... Insyaallah bisa di praktekkan sendiri, jadi nggak perlu ngeluarin tips ini itu untuk mengundang ahli pijat. Hehehe...

Kalo mau tau selengkapnya, silahkan baca aja di “Pedoman Pijat Bayi” di alamat website BayiCerdas.com :p Selamat membaca dan mempraktekkan...

No comments:

Post a Comment