Friday, September 2, 2011

ASI (Air Susu Induk)

Alhamdulillah, I just got new brother named Rafif Akhdan. He is the last son now from my parents.  Jadi dek rafif itu anak bungsu sekarang. Umurnya belum sampai 3 minggu, dan cici nyaranin ibuk buat nyusuin dia sampe umur 6 bulan dan setelah 6 bulan masih tetap diberi ASI tapi boleh dengan makanan tambahan, kalo kurang dari 6 bulan masih pake ASI tok.

Tak tanyain ke ibuk, “Buk, kasih adek rafif nya ASI sampe 6 bulan ya?” trus ibuk jawab, “Kalian semua dulunya ibu kasih ASI sampe umur 2 tahun kok. Aman tu...”. Eh, tau nya ibuk lebih tau. Cici nya sih yang sok2 tau. Hihihihi... Ibu2 kita yang dirumah sangat lah mengerti apa kebutuhan yang harusnya di berikan pada anak2 mereka. Apa itu fitrah kali ya??? Ah, nggak tau juga...

Oya, karena judulnya tak kasih ASI... So, I wanna tell you about what the ASI is this...???


Kita mulai dari pengertian ASI aja deh ya... ASI adalah suatu cairan berupa susu yang di ciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dari serangan penyakit tertentu serta merupakan sumber prebiotik pertama yang tebaik.

Kalo orang banyak bilang, ada ASI eksklusif yaitu ASI yang diberikan selama 6 bulan setelah kelahiran bayi. Jadi, ASI itu memang sebaiknya diberikan selama 6 bulan sejak pertama lahir, baru dilanjutkan dengan makanan2 tambahan lainnya. Kan juga dah tertera di alquran, kalo seorang ibu mesti menyusui/ menyapih anak2nya selama 2 tahun.

Naaaah, kalo jaman sekarang malah ‘aneh’. Semua nya dah dibawa2 jadi modern. Semuanya dianggap gaya dan bermodal. Padahal dah jelas2, ASI itu banyak manfaatnya, baik buat si bayi dan ibu nya. Kalo ibu2 sekarang malah ‘aneh’ dan sok2 nggerti dan tau banget! Anaknya masih bayi dibawah 2 bulan, dah dikasih susu formula. Padahal ibunya nggak sibuk2 amat tuh! Dan si ibu malah ngerasa bangga dan beranggapan kalo ia punya banyak uang buat beli susu formula untuk anaknya.

Padahal ASI merupakan karunia terbesar yang diberikan secara gratis buat seorang bayi yang baru lahir ke muka bumi ini. Agar mendapatkan proteksi untuk kesehatan bayi tersebut kedepannya. Bukan sekedar nggak ada uang buat beli susu formula yang mahalnya menjulang sampe ke langit ke-7. Nah, disinilah banyak ketidaksepakatan cici dengan ibu2 yang sok2 tau dan memahami segalanya. Padahal Cuma asal ngomong aja. :p

Cici juga pernah dengar cerita orang, kalo beliau suka dihina sama tetangganya sendiri karena dianggap nggak mampu bei susu formula. Padahal, jangan di sangkal lagi ya, jangan asal ngomong, beliau banyak banget uangnya. Dan sangat amat mampu buat beli susu formula untuk anaknya. Cuma dan Cuma karena alasan untuk kesehatan dan kebaikan bayinya. Makanya beliau bisa bertahan.

Pun termasuk ibuk cici sendiri. Kalo dah ngumpul sama keluarga2 jauh, yang ditanyain ‘pake susu formula apa???’. Aaaaah! MUAK! Serius! Itu aja pertanyaan yang diajukan. Sangat nggak penting banget. Tapi alhamdulillah ibuk pandai jawabnya. ‘kan ado ASI, lebiih praktis dan hemat!’. Dan kadang2 ibuk sampe ceramah gitu. Cici yakin, orang bilang kalo ibuk pelit. Tapi, sekali lagi, itu nggak penting! Ya nggak???

Cici pernah punya teman yang gigi nya nggak bisa tumbuh normal seperti anak2 biasanya. Kebetulan waktu di ponpes, dia tetanggaan tempat tidur sama cici. Jadi cici bisa tanyain ke dia, kenapa giginya nggak bisa tumbuh normal... Alhamdulillah, dia nggak tersinggung. Malah dia kasih pelajaran yang berharga buat cici. Dia bilang kalo dia waktu kecil nggak pernah minum ASI. Ntah dia yang nggak mau di kasih ASI, ntah sebaliknya, mungkin ibunya yang nggak mau ngasih ASI (maybe karena gengsi :p)

Jadi gigi teman cici tu, nggak tumbuh dengan baik. Kalo makan mie instan di asrama, dia nggak pake bumbu dari mie itu, tapi pake gula aja. Nggak tau kenapa. Pas di tanya, dia jawab gara2 dulu nggak minum ASI. Sayangkan kalo seperti itu...

Setau cici, yang pernah cici pelajari... :D ASI banyak mengandung IgA yakni imunitas yang baik untuk mencegah masuknya bakteri dan virus jahat ke dalam usus kita. Nah, IgA itu adalah bentuk perlawanan dari berbagai macam penyakit, terutama untuk pencernaan. IgA merupakan immunoglobulin yang baik di konsumsi bagi setiap umur. Apalagi untuk seorang bayi, karena belum bisa makan dan minum seenaknya, jadi bisa di dapat dari ASI ibunya tadi. Kan lebih enak toooooh???

Makanya, jangan remehkan pemberian GRATIS dari Tuhan... Hargai dan gunakan itu dengan sebaik2nya. Ok? Ini khusus buat ibu2 aja lo ya... :p Kalo mau lebih lengapnya, kapan2 kita bahas lagi ya, di kesempatan posting-an berikutnya :p

No comments:

Post a Comment