Friday, September 30, 2011

Narsis

Tau nggak gimana sejarah nya “narsis”???

Kalo nggak tau, ya,,, sama aja dong. Cici juga nggak tau. Hehehe... Oleh karena itu, mari kita baca sekilas tentang sejarah “narsis” ini. Cici sempat googling dan baca dan ambil kesimpulan that....

Kata narsis diambil dari mitologi Yunani tentang seorang cowok ganteng bernama Narcissus yang merupakan anak dari dewa sungai Cephissus dan peri Liriope. Anak peri dan dewa oiiiii, *biasanya sih, emang ganteng ato cantik*.

Karna ia ganteng, so cewek pada suka sama dia. Tapi sayang sekali,,, ia nggak tertarik sedikitpun sama tu cewek. Tapi ada satu cewek yang selalu mengejar2 si ganteng tadi. Dan si Narcissus bilang ke cewek kalo dia menolaknya. Sampe2 tu cewek pergi ke hutan untuk sembunyi.

Melihat kesedihan si cewek, dewi namesis memberikan pelajaran pada Narcissus dengan menghukum Narcissus agar jatuh cinta pada dirinya sendiri. Akhirnya, saat ia berada di sungai Styx, Narcissus sangat terkejut melihat wajah ganteng dan menawan saat melihat ke air sungai.

Ia jatuh cinta gitu deeeeh, sama dirinya sendiri. Haduuuuuh! Kacau banget ya, ni orang??? Oya, tapi ada banyak lo, yang dah menirukan sifat Narcissus ini. Termasuk teman2 ku di kampus. Hahaha... Oya, si Narcissus menatapi wajahnya di air dan ingin mencium bayangannya sendiri. Tapi ia malah kecebur dan meninggal dunia. Huhuhu...

Waaaa, boleh sih boleh narsis ya? Tapi jangan berlebihan banget lah. Yang santai aja... Hehehe. Nah, kenapa cici tiba2 mau nulis tentag narsisme ini? This is according to my experiences, kan kebetulan cici ngajar ngaji di musola dekat kosan. Nah, ini kali pertama cici lo... Tau nya adek2 nya seru2 banget. Pada cerewet, ada juga yang jutek, sok jaim, dll. Pokoknya lucu2 deh...

Pas mereka lihat hp cici, kebetulan hp touch. Nah, mereka excited banget. Pertanyaannya macam2. Tapi yang paling di tanyain, “ada game g mbak???” yaaaaaa kalo itu mah mana ada di hp mbak... J Siap itu mereka pingin banget lihat foto2 di hp tu. Siap mereka touch2 sendiri, mereka malah minta di fotoin. Hahaha... dasar!!! Adek2 ni pede2 banget lo dan satu lagi, mereka NARSIS banget...











Wednesday, September 28, 2011

The Simple Dinner

strawberry juice
mango juice
simple salad

Waaa, Like salad so much. But it's too damn hard to be consistent. I am on diet, "penurunan berat badan" mission. 
*malah buka coki...*

Saturday, September 24, 2011

__Get Nothing__

Hm... Tau nggak, apa yang cici rasakan sekarang sejak tanggal 5 September kemarin? I felt that I got nothing from my holiday. Ya... Mungkin agak lebay ya... Tapi itulah kenyataanya... Ya tapi itu nggak membuat cici sangat kecewa dan down untuk ini itu. Itu Cuma gara2, I lost my notebook.

How do I feel? Ofcourse I am so sad. But I get a pelajaran. Just take the hikmah,,, Dan jangan lupa sabar. Nah, mungkin orang2 Cuma bisa bilang nggak rejeki ato jangan di ratapi. Tapi kalo cici lagi teringat aja sama notebook itu, walopun belum lama cici miliki, tapi kenangannya sungguh meluap dan banyak kenangan dan data2 penting yang ada di dalamnya. Jadi sampe sekarang, cici masih belum ikhlas sepenuhnya.

Ya, cici doain aja deh, semoga yang ambil notebook cici, bisa cepat sadar dan nggak ngulagi hal serupa lagi. Nah, apa yang bikin cici sangat sedih? Rasanya ngak ada kenangan yang tersimpan sewaktu pulang kemarin. Karena banyak foto2 saat di rumah di dalamnya. “ah!!! Cici lebay!!!” mungkin itu yang ada di pikiran beberapa teman2. Ya... I just so upset.


Untung aja cici sempat mengopy sedikit foto2 dek apip di laptop ibuk. Senggak2nya, ada yang cici bawa. Padahal foto dek apip tu dah hampir 5000an lo... But, I got nothing L

Nah, ini ni foto dek apip yang tersisa *belum semuanya*...


umur 1,5 bulan

umur 1,5 bulan

umur 1 bulan

umur 1 bulan

umur 1 hari

umur 10 hari
Maapin kakak ya apiiip, foto2 mu yang sangat menggemaskan, hilang gara2 kakak mu yang jelek ni. Hahaha... Maap ya, kalo postingan kali ini sangat membeikan teman2 energi negatif. Maap... Cuma mau curhat aja...

And when I see dek apip's face, I feel so comfortable and U can make me smile and sometimes crying... I love you dek apip...

Personality = Kepribadian

Hm... BTW, uadah pernah ikutan tes kepribadian blm??? Jujur, kalo cici sih belum pernah cobain. Nah, trus dari mana cici tau, kok ada yang namanya tes kepribadian? Begini ceritanya, suatu hari cici dengan seorang kakak kelas waktu di ponpes dulu bercerita dengan bermacam2 tema. Nah, tiba2 kakak tersebut menyebutkan kalo dia itu lagi suka sama laki2 yang sanguinis tapi brewokan. Waaah, beberapa kali dia sebutkan kata2 sanguinis. Tapi cici diamin aja dan nggak mau tau apa yang sedang kakak tersebut katakan.

Lama-kelamaan, cici semakin nggak nyambung dengan istilah yang satu itu. Dan dia juga mengatakan, “apa cocok kakak dengan orang sanguinis ya?” Yaaaaa, akhirnya cici putuskan untuk bertanya padanya. “apa sih sanguinis tu kak? Dari tadi disebut2 terus..” Kalo cici sih, ngirainnya itu adalah ius yang ada di mata pelajaran kewarganegaraan. Kalo nggak salah ada ius soli dan ius sanguinis. Eeeeh, tau nya sangat nggak nyambung or no conected... Hahaha :p


Well, ternyata sanguinis itu adalah salah satu tipe kepribadian yang ada pada manusia. Dan ia pun menjelaskan sedikit saja tentang keempat tipe kepribadian tersebut. Nah, kalo yang cici tangkep, ada 4 tipe kepribadian... Oya, cici juga sempat searching-searching dan baca2 nih...

Sanguinis

Biasanya orang yang sanguinis ini sangat penceria dan selalu ingin tenar. Mereka suka cari perhatian orang di sekitarnya agar mereka dikenal. Mereka sangat suka dalam berdebat ato membicarakan suatu topik yang hangat. Mereka juga sangat antusias terhadap suatu keadaan dan suka membuat relasi2 ato pertemanan yang baru, ya karna yag tadi itu, mereka ingin dikenal banyak orang. Oya, mereka juga orangnya spontan dan suka menghindar dri hal2 yang membosankan. Jadi, intinya orang sanguinis ini suka berbicara dengan berbagai ekspresi yang ia punya dan penceria.

Plegmatis

Biasanya kalo orang yang plegmatis ini bersifat penyabar. Dan mereka juga memiliki sifat yag seimbang dan bisa menjadi pendengar yang setia serta simpatik. Sehingga ia tidak suka berdebat melainkan jadi penengahnya. Oarangnya juga penyayang dan peduli. Selain itu, mereka juga humoris intinya, plegmatis itu sabaran, seimbang, tenang...

Koleris

Terkenal dengan suka memimpin dan aktif. Sehingga mereka suka memerintah dan suka membuat keputusan. Punya motivasi yang kuat dan semangat yang menggebu2. Karena suka memimpin, jadi mereka berani terhadap tantangan2 dan mereka bergerak cepat dengan cara2 yang praktis dan cepat. So, koleris senang berorganisasi dan kalo nggak salah, lumayan suka menyendiri da berfikir sangat kritis.

Melankolis

Terkenal dengan ketekunan dan pendiamnya. Nah, kayaknya cici punya satu sifat ini *pemalu euiyyyy* dan di padu dengan sifat yang lain *mudah2an*. Nah, karna sukanya diam gitu, mereka lebih suka bekerja di belakang layar suatu kegiatan dan jarang untuk mencari2 perhatian orang lain alias cuek-bebek. Nah, kalo orangnya pendiam, biasanya di padu dengan kerapian, rajin, tekun, hemat. Ya... Pokok ke kayak ngono lah. Ngertikan??? Oya, jangan lupa, mereka juga sensitif.

Nah, kira2 mana ya, sifat cici??? Kalo ada yang bisa nilai, tolong beritahu ya??? Semoga bisa membuka pikiran cici juga :p. Oya, semua sifat2 diatas, ada kelemahan dan kekuatannya lo... So, jangan anggap kalo kita punya sifat itu, apat yang jelek2 aja ato yag bagus2 aja... Kan nggak ada manusia yang sempurna. Ya nggak???

Nah, sifat2 diatas nggak harus 1 yang kita miliki. Bisa aja 1, bisa 2, bisa juga kesemuanya. Nah, silahkan diteliti dan disadari sendiri2 ya... Karna, kalo kita dah tau sifat kita seperti apa, kita bisa denga mudah memutuskan dan mengambil tindakan apa yang seharus nya dilakukan. :D

Tuesday, September 20, 2011

Lebaran


Allahuakbar...

Allahuakbar...

Allahuakbar...

Laailaahaillallahuallahuakbar....

Walillahilhamd...

Itu lah senandung yang di lantunkan oleh umat islam yang berada di muka bumi ini saat merayakan hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri. Nah, maka dari itu, biasanya kalo hari tersebut akan tiba, banyak hal2 yang dilakukan oleh umat muslim. Seperti masak kue, ketupat, buat parcel, kirim sms ‘mohon maap lahir batin’ dengan berawalkan puisi2 ato kata2 tertentu dan ada juga yang langsung, ada juga yang heboh dengan pakaian baru dan seperangkat alat solat baru serta alas kaki baru.


Ada juga yang pada sibuk persiapan buat malam takbiran. Kalo di tempat cici, sehari sebelum malam takbiran, banyak banget yang numpukin batok kelapa yang di tancap di depan rumah mereka, lalu saat malam takbiran mereka membakar batok tersebut sehingga takbiran terasa semakin meriah. Ada juga yang lagi banyak uang, mereka suka nya beli mercon ato kembang api yang harganya mencapai 300ribu rupiah. *itu baru di kampung2 lo ya,,,

Waaaaa, pokoknya semuanya mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat senang dan gembira. Tapi bagi beberapa orang, alias orang2 yang beriman dan bertaqwa, mereka justru sedih saat meninggalkan bulan suci ramadhan. Subhanallah ya... :D

Kalo acara takbiran dah siap, pagi2nya,,,, yang biasanya bangun kesiangan, malah bisa bangun pagi2 coz mau solat ied. Pagi2 pun, rumah dah pada bersih dan tertata rapi. Oya, nggak lupa pula para umat muslim yang mempunyai kewajiban untuk bayar zakat. Jangan lupa lo ya....

Sebenarnya cici pengen banget nulis tentang pengalaman dan detik2 terakhir saat di rumah, tapi allah belum kasih kesempatan. *halah!!! Bilang aja malas ci...* :p Nah, jadi di lampiaskan sekarang... oya, sebelum lebaran, cici dan ibuk cuma bikin 2 macam kue tooook. Karna ibuk nggak sempat gitu, kan punya dedek bayuuuu. Jadi kami Cuma pesen aja sama keluarga yang lain yang bisa bantuin ibuk masakin kue. Yah, jadi banyak deh kuenya. Alhamdulillah ya...

Maap ya, sodara2... Cici emang suka telat2 gitu, kalo masalah ngeposting ato nulis sesuatu. Jadi nanti kadang kurang nyambung coz ada beberapa kejadian yang dah agak lupa. Maklum aja ya....

Oya, waktu hari idul fitri tiba, cici sempat nangis teringat dengan seorang sosok ‘nenek tercintah’ yang sangat cici sayangi. Dan ternyata waktu kami salam2an sesudah sola ied, ibuk ternyata juga nangis. Ya iyalah, kan ibu nya ibuk. Pasti beliau teringat juga lah ya... Sama dengan cici...

Setelah makan2 di rumah, kami lanjutkan perjalanan dari rumah ke rumah. Dan sebaliknya, saat kami telah pulang ke rumah, juga banyak yang mengunjungi rumah kami. Alhamdulillah ya... Semoga silaturrami kita semakin erat. Amiiin...

Oya, hari kedua lebaran, cici pergi ke ‘pantai agam’ di desa ‘air rami’ bersama dengan ayah, ibuk, apip, obby, nengsi dan oga malah pergi ke pantai lain dengan teman2nya, maklumlah, anak muda. Hahaha...

Nah, tenyata anak2 di rumah masih belum puas juga. Dan saat lebaran ke tiga, kami melanjutkan perjalanan kembali ke ‘pantai wisata’ di ‘pulau baru’. Dan ada take2 picture lah sedikit....










Dan setelah itu, there is no jalan2 again. Hehehe... Hanya nongkrong di rumah sambil ngasuh si apip. Kan cici bentar lagi dah mau pergi ke jogja lagi :( ...

Monday, September 19, 2011

Pijat Bayi

Kemarin, waktu apip masih berumur 1 bulan, cici usulkan sama ibuk supaya apip di pijat. Kalo orang bilang, kata pijat itu bisa remasan ato sentuhan yang dilakukan di beberapa dearah tubuh bayi. Nah, waktu itu pijatnya Cuma bentar tok, karena takut ayah marah. Maklumlah, anak bungsunya... Jadi agak overprotective gitu laaaah...

Pijat bayi banyak banget manfaatnya... Selain untuk mempererat kasih sayang orang tua kepada anaknya, pijat bayi juga bisa menaikkan berat badan bayi terutama bayi yang prematur. Sehingga nafsu makan bayi pun meningkat. Oya, baik juga untuk perkembangan fisik dan emosi si bayi.

Dalam buku “Pedoman Pijat Bayi”, dr. Utami Roesli, Sp. A, M. B. A menyebutkan bahwa terapi sentuhan (pijat) bisa memberikan efek positif antara lain, kenaikan berat badan dan peningkatan produksi ASI. Hal itu sudah dibuktikan oleh penelitianT. Field dan Scafidi dari Universitas Miami, AS, yang menunjukkan bahwa 20 bayi prematur mengalami kenaikan berat badan 20-47% per hari setelah dipijat 3x5 menit.


Bayi yang berusia 1-3 bulan dipijat selama 15 menit 2x seminggu selama 6 minggu mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi dari pada kelompok bayi yang tidak dipijat. Bayi yang dipijat mengalami peningkatan tonus nervus vagus (saraf otak ke-10). Ini membuat kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin naik sehingga penyerapan terhadap sari makanan pun menjadi lebih baik. Penyerapan makanan yang lebih baik akan menyebabkan bayi cepat lapar dan bisa lebih sering minta nyusu. Sehingga produksi ASI akan semakin banyak dan bertambah.

Rene Spitz, dokter anak dan psikiater dari Amerika melaporkan, bayi yang banyak memperoleh sentuhan, khususnya dari ibu, akan jarang mengalami simptom hipotalamus (gangguan seperti di radang telinga tengah, campak, gangguan usus,dll).

Pengamat T.Field seperti dikutip dr. J. David Hull, ahli vrologi molekuler dari Inggris, dalam makalah berjudul “Touch Therapy”: Science Confirms Instinct, menyebutkan terapi pijat 30 menit per hari bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Tidurnyapun bertambah tenang. Terapi pijat 15 menit selama enam minggu pada bayi 1-3 bulan juga akan meningkatkan kesiagaan (alertness) dan tangisnya berkurang. Ini akan diikuti peningkatan berat badan, perbaiki kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stress, dan bertambahnya kadar serotonin.


Meningkatnya aktivitas neurotransmitter srotonin ini akan meningkatkan kapasitas sel reseptor yang mengikat glucocorticoid (adrenalin). Proses ini menyebabkan terjadinya penurunan kadar hormon adrenalin (hormon stress), dan selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Hm... pantesan si apip, waktu siap di pijat. Beberapa hari bobonya enaaaaak banget. Nyenyak seolah2 tanpa gangguan. Mungkin itu adalah salah satu efek yang didapat ya... Trus, berat badan nya emang tinggi banget di bandingkan bayi2 yang lain waktu posyandu kedua, waktu apip umur 2 bulan kurang. Berat badannya saat umur 2 bulan kurang 1 minggu adalah 6,4 kg...

Hihihi, cici juga nggak tau, itu gemuk ato emang normalnya gitu... Moga2 normal ya... Oya, mari kita pelajari saran para ahli kita, agar dapat meningkatkan keseimbangan jiwa dan raga bayi... Insyaallah bisa di praktekkan sendiri, jadi nggak perlu ngeluarin tips ini itu untuk mengundang ahli pijat. Hehehe...

Kalo mau tau selengkapnya, silahkan baca aja di “Pedoman Pijat Bayi” di alamat website BayiCerdas.com :p Selamat membaca dan mempraktekkan...

Namanya Siapa Ya???

Hm, alhamdulillah, ibuk melahirkan dengan selamat. Ibuk selamat dan dedek baru nya pun selamat dan sehat. Alhamdulillah... Selang beberapa hari setelah kelahiran dedek baru, orang2 mulai sibuk menanya2kan “siapa sih namanya???”...

Dan seterusnya... Pertanyaan tersebut nggak akan berhenti ditanyakan sampe2 dia udah besar sekalipun. Hehehe, maklumlah, manusia kan sifatnya pelupa dan suka melupakan...

Jadi, waktu dedek kecil baru dilahirkan, dan taunya dedeknya tu laki2... Waaa... Mulai deh, ayah ibuk dan keluarga minta dibuatin namanya. Setiap sms yang masuk ke hp cici kalo itu dari kampung, pasti nanyain “dah disiapin nama dedek barunya, ci?”...

Kata orang, nama itu sebagian dari do’a. Bener nggak sih? Bisa masuk akal sih, tapi ya tetep aja itu tergantung bagaimana anak tersebut di didik dan bagaimana anak tersebut memilih jalannya... Ya nggak? Tapi, ya tetep bener aja, nama itu do’a dan harapan dari keluarga.

Akhirnya, sesampainya informasi kalo ibuk dah melahirkan dan dedeknya laki2 ditambah orang2 nanyain namanya, cici dan kakak pun langsung menyerbu ke toko buku gramedia. Mau lihat2 dan cari2 nama yang bagus dengan berbagai buku panduan yang ada disana secara “gratisssss”.

Hehehe, maklumlah, kami kan suka kere. Jadi, kan bisa ngemat dikit laaaah.

Sesampainya kami di gramed, mata kami tertuju pada rak yang bertumpukan dengan buku nama2 bayi islami dan yang lainnya. Awalnya kami dah dapat 5 nama yang bagus2. Tiba2, datanglah 1 sms dan cici membuka sms tersebut setelah itu melihat nama2 yang telah kami buat tadi dah nggak ada lagi di dalam hp ku. Waaaaa, bisa berabe banget ni...

Akhirnya kami celoteh2 nggak tentu arah, gara2 kehilangan 5 nama yang kami dapat. *kayak kehilangan jenggot aja*. Padahal 5 nama tersebut, bagus2 banget loooo. Ya... Malah ilang.

Siap tu, kami merangkak lagi, bolak-balik buku nama2 bayi lagi... Kesel banget sih, tapi mau gimana lagi. Trus kami dapet lagi 5 nama,tapi nggak sebagus yang 5 nama yang kehapus tadi. Lalu di kirim ke ortu di rumah untuk memilih.

Cici dan kakak sih,  suka nama ini “Ishaan Tama Ermano” yakni paduan antara nama orang arab, perancis, dan satu lagi cici lupa.

Tapi ibuk dan ayah nggak setuju. Mereka lebih memilih “Rafif akhdan” yang artinya “sahabat yang berhati mulia”. Akhirnya dedek di kasih nama itu. Tapi dengan tambahan “maulana” di akhir nama tadi yang artinya “junjungan kami”.

Oke deeeee, akhirnya nama dedek jadi “Rafif Akhdan Maulana”. Tapi kami suka manggilnya pake “apip dadan...”, Hehehe. Alhamdulillah...


Oya, ada perubahan lagi. Kata ayah yang simple2 aja deh, namanya. Halah... padahal anak kedua dan ketiganya panjang2 bgt namanya... Cuma cici sama apip aja yang pendek...

Semoga jadi anak yang soleh dan berguna ya deeek... dan bisa menghormati orang yang lebih tua serta menyayngi yang lebih muda... Amiiin...

Monday, September 5, 2011

Rafting

Rafting berasal dari kata raft + Ving. Yang artinya ‘rakit’. Nah, kalo itu di artikan oleh orang wam seperti cici ini :p. Cici mendengar kata2 tersebut waktu kakak menewarkan ciciuntuk mengikuti acara ‘rafting’ bersama teman2nya. Nah, cici juga kurang ngerti banget nih, eeeeeh tau nya ngajak pergi untuk melakukan olahraga arum jeram. Jadi, cici lebih paham kalo di bilangin arum jeram daripada rafting.



Ternyata rafting itu merupakan salah satu olahraga yang sangat ingin cici ikuti sejak dulu. Dulu, kalo nonton orang yang lagi rafting, cici pasti ngiri dan ada terbesik di hati untuk mencoba olaharaga ato permainan yang satu ini. Penasaran banget! Tapi alhamdulillah dah kecapaian, teng qyu kakak :*



Karenadah di tawarin sama kakak, cici pengeeeen banget ikutan tapi jadwal kami banyak yang bentrok dan selama mencari wkatu senggang, cici sempat beberapa kali untuk men-cancel acara tersebut. Nah, saat itu, kalo dipikir2, “kapaaaaan lagi ada kesempatan seperti ini ya? Kan belum tentu ada waktu dan biaya seperti sekarang...” Akhirnya cici putuskan untuk mengikuti acara tersebut bersama 6 orang teman kakak ku...



Horeeee!!! Akhirnya juga bisa ngerasain arum jeram itu gimana. Perjalanan cici dari Jogja berangkat ke Surabaya lalu di lanjutkan ke desa tempat kami akan rafting (maap, cici lupa dimana. Pokoknya di jawa timur deeeh). Lumayan melelahkan. Tapi yang namanya semangat 45, cici nggak ngerasa capek sedikit pun kecuali waktu maupulang ke Jogja kembali.



Kami nyewa travel yang diisi oleh 8 orang termasuk sopir. Rafting itu di pandu oleh tim dari REGULO  alias pelatih serta pembimbing kami selama be-rafting ria... Dengan melalui beberapa tantangan dan rintangan, kami menyelesaikan rafting selama kurang lebih 5 jam-an sejauh 9 kilometer (kalo nggak salah ingat). Alhamdulillah, setelah melalui beberapa nasehat dan petunjuk serta tantangan yang diberikan oleh tim pemandu, kami dapat menyelesaikan rafting saat itu.



Oooooh, senangnya ya... Apalagi ini adalah rafting pertama. Dengan kakak tercintah lagi... :D Semoga diberi kesempatan lagi untuk rafting yang lebih lama dengan rute panjang. Amiiin...



Ni, beberapa picture yang di take...










Remote People : OrDus

Computer



Well, kita mulai kisah cici yang pertama ya... Tentang komputer... :p



Mungkin bagi sebagian orang yang tinggal di desa, sering menggunakan komputer sebagai alat bantu dan alat komunikasi dahulunya. Nah, berbeda dengan cici ni pemirsa2 sekalian. Makalumlah ya, ordus banget! Hahaha...



Cici memang sudah sangat amat mengagumi komputer sejak kecil dulu. Tapi dimasa cici masih kecil, komputer sangat jarang bahkan nggak ada ditemukan di desa cici. Jangankan komputer, hape aja belum ada. Sampe cici naik ke kelas 2 DMP setara denga SMP, baru lah bermunculan orang2 memakai hape. Dan pastinya sinyalnya dah mulai bermuncullan di bumi pedesaan yang kami rasakan sekarang ini.



Dulu, waktu cici masih SD, ada salah satu teman cici yang suka pamer karena dia memiliki hape dan kebetulan bapaknya adalah orang penting di desa kami alias anggota dewan gitu deeeeh... Nah, tu anak suka banget pamerin hapenya di hadapan teman2 SD nya. Sampe2 cici tu ngucap “Astaghfirullah... Ni anak kirain aku nggak tau kali ya... Kan disini nggak ada sinyal, ya mana bisa pake hape. Ya nggak? Percuma! Nggak ada gunanya kalo Cuma untuk pamer2an!” Emang cici sempat kesal sih, sama ulah tu anak! Dikirainnya sekolah adalah tempat pameran kali ya...


Nah, pas cici tamat dari SD No. 12 tercintah di desa cici, Ipuh. Cici pergi merantau dan berpisah dari ortu serta keluarga. Saat itu cici pergi hanya dengan berbekal bisa baca quran apa adanya dan hapal surat 3 qul. Just it! No more! Dan akhirnya, cici diterima karena hasil tes wawancara cici saat itu lumayan baik.



Nah, pas masuk ke kelas, cici mindeeeer aja lo... Nggak punya teman, dsb. Just alone L. Waktu masuk ke ruangan komputer, kami anak2 baru 1 DMP ditanyai oleh guru komputer, “Siapa yang belum pernah melihat komputer dengan mata kepalanya sendiri? Dan siapa yang beum pernah menyentuh komputer sekali pun???” Coba tebak! Siapa yang belum pernah sama sekali? Yap, this is real, this is me. That’s myself. Cuma cici sendiri yang angkat tangan, pemirsa2.



Malu? Hm... Iya dooong... Takut? Pasti dooong... Diketawain? Huft... Bukan Cuma itu, cici di pelototin sama teman2 sekelas... Haduuuuh, kacau banget pikiran cici waktu itu. Sekali lagi, maklumi aja ya... *ordus* Tapi tenang aja, alhamdulillah cici bisa mengatasi semua itu... Alhamdulillah... Semangat! Disaat ada kemauan, disitu pasti ada jalan! 



Hal yang ada di benak cici saat itu adalah gado2 semua perasaan... Cici jadi ngerasa orang yang paliiiing lugu dan nggak ngerti apa2. Cuma bermodalkan kenekad-an... But, throw it slowly and enjoy it!



A Grapes



Lanjut ke cerita selanjutnya... Tentang “sebuah anggur”... Nah, yang namanya buah2an agak mahal tu emang jarang ditemukan di desa  cici ini. Seperti anggur, apel, kiwi (sampe sekarang belum ada), kelengkeng, dll.



Lagi2 masalah ketololan cici... Waktu cici masih kelas 2 SD, cici punya teman dekat, namanya Dita. Dia anak pak koramil di desa kami. Dan ternyata, dia aslinya dari pperkotaan gitu deh. Waktu neneknya datang mengunjungi keluarganya disini (desa kami), beliau membawakan berbagai macam oleh2. Termasuk anggur... Nah, waktu cici di sekolah, Dita ngasihin cici 1 buah anggur, Just sebiji anggur! Tapi gede!



Maklumlah ya, namanya aja jarang ada di sini, jadi dikasih sebiji doang. Tapi cici ngerasa jadi orang yang sangat  beruntuuung sekali. Karena cici bisa mencoba buah yang bernama anggur tersebut. Alhamdulillah... Makasih ya dit... I was so happy :D



Saat akan memakan tu buah, rasanya gimanaaaaaaa gitu! Bahagia... Senang... Dan cici kulum perlahan2 serta digigit sedikit demi sedikit. Rasa nya sayang untuk dimakan saat itu. Tapi mau gimana lagi... Akhirnya cici pernah merasakan buah tersebut.



Oya, sejak cici di Padang Panjang dan Jogja, alhamdulillah cici bisa merasakan buah2 idaman cici selama ini walopun belum semuanya... Senggak2nya dah ada perubahan...



Berbeda dengan sekarang, di desa cici udah kayak kota gitu lah. Tapi kota terisoliiiiir banget! orang nya pada gaya2 dan sok2 mengikuti perkembangan jaman dengan niat yang antah berantah. Cici juga nggak tau!



Permainan waktu kecil



Dulu, waktu cici masih kecil, cici paling suka bermain “Karet”. Bukan maksudnya main2in karet, tapi menggunakan alat karet. Sehingga kita bisa melewati beberapa rintangan2 yang ntah siapa yang menciptaan rintangan2 tersebut.



Selain permainan karet, cici juga suka main “kelereng”. Dari permainan kelereng dengan gaya ini itu. *cici dah lupa ni, apa aja permainannya, maap ya?*



Lainnya, cici suka main “patak lele”. Dengan menggunakan 2 kayu yang 1 panjang dan 1 nya lagi pendek. Dengan berbagai macam peraturan yang ada. Maap, cici nggak bisa ceritain detailnya. Mudah2 ada yang tau :D



Selanjutnya permainan “lompat kodok” dengan menggunakan gundu (batu ceper ato keramik) dan menggambarkan petak2 di tanah (ada polanya masing2, tergantung lompat kodok nya apa...)



Nah, yang satu ini juga sangat digemari niiiih, main “BePe-an” dengan kepanjangan “Bongkar Pasang”. Permainan ini dimainkan dengan kertas yang telah disediakan di pasar2, biasanya. Nanti digunting sesuai dengan petunjuk dan bisa langsung dimainkan dengan berbagai cara.



Yang lebih mantapnya lagi adalah main “barbie”. Dulu waktu cici pergi kesuatu tempat yang baru, pasti cici minta beliin boneka barbie. Biasanya nggak ada yang mau ngelayani cici saat ngamuk nggak dibeliin boneka kecuali nenek. Jadi, nenek pendek yang paling suka beliin cici boneka tersebut. Sampe2 punya selemari, koleksi boneka barbie nya, dulu. Sekarang Cuma tersisa 3 biji. Yang lain ntah kemana.



Ada lagi  nih, main “remi” namanya. Mungkin ini biasa di pake orang buat main judi. Tapi kalo cici mah, nggak... Ci pake buat main empat-satu, cangkul, akong, dll. *maap nggak bisa deskripsikan gimana cara permainannya*



Kalo main “congkak”, tau kan? Tu permainan enak banget, kalo menang siiih. Kalo kalah, cici biasanya nangis... Maklum, masih kecil. Tapi sekarang juga masih sering nangis kalo kalah main. *hahaha, buka cokieeeee*



Masih banyak lagi sih, permainan2 lainnya... Cici nggak bisa tulisin satu per satu. Yang penting, intinya cici mau ngebandingin permainan anak2 dusun dengan orang yang sudah sangat amat modern. Kalo anak2 modern, biasanya main game2 online, main robot2an, main ps2/ ps3, main pake komputer... Yaaaaaa pokoknya nggak gaptek deh, kayak cici. :p

Friday, September 2, 2011

ASI (Air Susu Induk)

Alhamdulillah, I just got new brother named Rafif Akhdan. He is the last son now from my parents.  Jadi dek rafif itu anak bungsu sekarang. Umurnya belum sampai 3 minggu, dan cici nyaranin ibuk buat nyusuin dia sampe umur 6 bulan dan setelah 6 bulan masih tetap diberi ASI tapi boleh dengan makanan tambahan, kalo kurang dari 6 bulan masih pake ASI tok.

Tak tanyain ke ibuk, “Buk, kasih adek rafif nya ASI sampe 6 bulan ya?” trus ibuk jawab, “Kalian semua dulunya ibu kasih ASI sampe umur 2 tahun kok. Aman tu...”. Eh, tau nya ibuk lebih tau. Cici nya sih yang sok2 tau. Hihihihi... Ibu2 kita yang dirumah sangat lah mengerti apa kebutuhan yang harusnya di berikan pada anak2 mereka. Apa itu fitrah kali ya??? Ah, nggak tau juga...

Oya, karena judulnya tak kasih ASI... So, I wanna tell you about what the ASI is this...???


Kita mulai dari pengertian ASI aja deh ya... ASI adalah suatu cairan berupa susu yang di ciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dari serangan penyakit tertentu serta merupakan sumber prebiotik pertama yang tebaik.

Kalo orang banyak bilang, ada ASI eksklusif yaitu ASI yang diberikan selama 6 bulan setelah kelahiran bayi. Jadi, ASI itu memang sebaiknya diberikan selama 6 bulan sejak pertama lahir, baru dilanjutkan dengan makanan2 tambahan lainnya. Kan juga dah tertera di alquran, kalo seorang ibu mesti menyusui/ menyapih anak2nya selama 2 tahun.

Naaaah, kalo jaman sekarang malah ‘aneh’. Semua nya dah dibawa2 jadi modern. Semuanya dianggap gaya dan bermodal. Padahal dah jelas2, ASI itu banyak manfaatnya, baik buat si bayi dan ibu nya. Kalo ibu2 sekarang malah ‘aneh’ dan sok2 nggerti dan tau banget! Anaknya masih bayi dibawah 2 bulan, dah dikasih susu formula. Padahal ibunya nggak sibuk2 amat tuh! Dan si ibu malah ngerasa bangga dan beranggapan kalo ia punya banyak uang buat beli susu formula untuk anaknya.

Padahal ASI merupakan karunia terbesar yang diberikan secara gratis buat seorang bayi yang baru lahir ke muka bumi ini. Agar mendapatkan proteksi untuk kesehatan bayi tersebut kedepannya. Bukan sekedar nggak ada uang buat beli susu formula yang mahalnya menjulang sampe ke langit ke-7. Nah, disinilah banyak ketidaksepakatan cici dengan ibu2 yang sok2 tau dan memahami segalanya. Padahal Cuma asal ngomong aja. :p

Cici juga pernah dengar cerita orang, kalo beliau suka dihina sama tetangganya sendiri karena dianggap nggak mampu bei susu formula. Padahal, jangan di sangkal lagi ya, jangan asal ngomong, beliau banyak banget uangnya. Dan sangat amat mampu buat beli susu formula untuk anaknya. Cuma dan Cuma karena alasan untuk kesehatan dan kebaikan bayinya. Makanya beliau bisa bertahan.

Pun termasuk ibuk cici sendiri. Kalo dah ngumpul sama keluarga2 jauh, yang ditanyain ‘pake susu formula apa???’. Aaaaah! MUAK! Serius! Itu aja pertanyaan yang diajukan. Sangat nggak penting banget. Tapi alhamdulillah ibuk pandai jawabnya. ‘kan ado ASI, lebiih praktis dan hemat!’. Dan kadang2 ibuk sampe ceramah gitu. Cici yakin, orang bilang kalo ibuk pelit. Tapi, sekali lagi, itu nggak penting! Ya nggak???

Cici pernah punya teman yang gigi nya nggak bisa tumbuh normal seperti anak2 biasanya. Kebetulan waktu di ponpes, dia tetanggaan tempat tidur sama cici. Jadi cici bisa tanyain ke dia, kenapa giginya nggak bisa tumbuh normal... Alhamdulillah, dia nggak tersinggung. Malah dia kasih pelajaran yang berharga buat cici. Dia bilang kalo dia waktu kecil nggak pernah minum ASI. Ntah dia yang nggak mau di kasih ASI, ntah sebaliknya, mungkin ibunya yang nggak mau ngasih ASI (maybe karena gengsi :p)

Jadi gigi teman cici tu, nggak tumbuh dengan baik. Kalo makan mie instan di asrama, dia nggak pake bumbu dari mie itu, tapi pake gula aja. Nggak tau kenapa. Pas di tanya, dia jawab gara2 dulu nggak minum ASI. Sayangkan kalo seperti itu...

Setau cici, yang pernah cici pelajari... :D ASI banyak mengandung IgA yakni imunitas yang baik untuk mencegah masuknya bakteri dan virus jahat ke dalam usus kita. Nah, IgA itu adalah bentuk perlawanan dari berbagai macam penyakit, terutama untuk pencernaan. IgA merupakan immunoglobulin yang baik di konsumsi bagi setiap umur. Apalagi untuk seorang bayi, karena belum bisa makan dan minum seenaknya, jadi bisa di dapat dari ASI ibunya tadi. Kan lebih enak toooooh???

Makanya, jangan remehkan pemberian GRATIS dari Tuhan... Hargai dan gunakan itu dengan sebaik2nya. Ok? Ini khusus buat ibu2 aja lo ya... :p Kalo mau lebih lengapnya, kapan2 kita bahas lagi ya, di kesempatan posting-an berikutnya :p

Thursday, September 1, 2011

Geli

Geli adalah suatu rasa yang timbul akibat dari respon yang diberikan pada bagian tubuh kita atau pada indera perasa. Rasa geli secara otomatis akan mengarahkan kita untuk memberikan respon nyata baik berupa gerakan maupun ekspresi wajah alias ketawa. Rasa geli bukan hanya bersifat fisik tapi juga termasuk dalam pikiran kita. Kadang kita tertawa sendirian apabila mengingat sesuatu yang lucu atau mengembirakan, dan tidak jarang juga tersenyum sendirian sebagai bentuk respon dari rasa geli dalam pikiran kita. Ini tak copy dari sisilain(dot)net.

Masih berbicara seputar kebiasaan apip yang sangat menggemaskan. Ciluuuuuk baaaaa... Iiiih, geram nya!!! Hm, kali ini kita masuk ke topik tentang geli. Sebenarnya cici juga kurang tau, apakah apip tu ngerasa geli ato gimana.

Nah, kalo dia lagi diam, trus tak pegang dagunya, dia malah ngoceh gitu. Ntah apa yang ia bicarakan. Hm... Kalo menurut akal pendek cici, si apip lagi menyampaikan suatu informasi penting. Dan info yang di celotehinnya itu bahwa dia merasa geli. Hehehe... *akal pendek lo ya...*

Lihat aja deh, rekamannya...




Kalo lehernya digelitik, dia malah jepit tangan kita sama kepalanya. Jadi dia seperti geli gitu. Tapi yang dia belum punya memorinya aja... sepertinya masa2 bayi tu, masa2 menyusun berbagai rangkaian ingatan/ memori ya... Jadi, apip tu belum tau respon kalo digelitik tu apa. Apa harus ketawa atau nanggis... Hahaha, lagi2 akal pendek yang diandalkan. :p

Feeling Better :D

Posting kali ini cici bakal singkaaaat banget, cuma videonya aja yang agak panjang... Hehehe... Ni video waktu dek apip umur 2,5 bulan. Nah, di umur ini dia dah mulai ngerti apayang diceritain sama orang sekitarnya... Kalo dipanggil namanya, waaaaa pasti dia bakal jawab pake bahasa nya. Hahaha... Cici juga nggak paham apa omelannya. Yang penting dia celoteeeh aja.

Sering juga kalo cici lagi nyanyiin/ nina boboin apip, dia malah ikut2an senandung instrument dari cici. Uh!!! Kesel... Orang mau boboin dia, eeee malah dibalas juga sama nyanyian ala apip dadan... :D You always make me happy and laugh. You make me like have no mistakes just a little bit. I just thanks to Allah for give us (my family) one again for being our family...


Ini ni, beberapa cuplikan waktu umur 1 bulan...




Dan yang ini yang umur 2 bulan...






Semoga jadi anak yang baik ya dedek... :p

Ngintip

Ini memang kesukaan nya si apip. Kalo dia dah mau mulai memejamkan matanya sebelum bermimpi ria, dia sukanya ngintip lo... Hahaha, kecil2 aja dah biasa ngintip, apalagi kalo dah besarnya @_@ ? Hm...

Apip emang suka ngelirik orang lain yang ada di sekitarnya. Misalnya, kalo ada aja yang ngelewati dia waktu lagi baring2 ato mau memejamkan mata, pasti matanya langsung tertuju sama yang melewati dia. Jadi kepalanya suka mondar-mandir, ntah apa yang pasti dilihatnya.

Nah, kalo dia lagi bobo, matanya suka ngintip gitu. Kalo orang bilang ‘tidur ayam’. Apa lagi kalo ada yang ngerekamnya. Mata hitam nya ngintip gitu. Ngelirik kamera yang sedang ngerekamnya. Seperti contoh berikut...


Trus, kalo dia lagi tidur ayam, matanya emang seperti ngeliat kita. Tapi dia senyum2 nggak tentu. Kayak ngelirik apaaaaa gitu. Padahal nggak ada orang yang ngajak dia ketawa. Hahaha. Kalo kata ibuk, ada ‘kakak’ nya yang gangguin.

Yang digoyang yaaaaang

Well, mungkin judul nya agak lebay ya... Pokok ke inget aja deh kalo dah pake “yang digoyang digoyang yaaaaaang, dangdut ta’ u’ u’...” Pasti ingetnya lagu dangdut ja-dul kan??? Kalo cici sih, iya. Cici kan penggemar dangdut. Dngdut maniak gitu deeeeh :D

Nah, kalo yang ini, memang goyangannya BEDA... Ini cerita nya tentang si apip yang sukaaaaaa banget di goyang2in. Suka digoyang waktu di gendong. Suka digoyang kalo di ayunan. Suka digoyang kalo lagi baring di atas kaki spt video ini ni....



Hahaha... I love apip so much... Anaknya manjaaaa banget. sukanya di gendong. Kalo ditaroh di atas kasurnya, langsung nangis... Maunya digendong terus, kalo enggak di ayunin. Hahaha... Sukanya “yang digoyang yaaaaaang” :D