Friday, August 26, 2011

Susahnya...

Posting kali ini akan membahas tentang susahnya membuat makanan kalo pake resep orang kota ato orang lain yang dah dikenal banyak orang. Sebelum cici ceritakan kehancuran cici memasak memakai resep orang lain yang aturannya pake takaran ini itu lah, cici akan menghaturkan kesedihan alias ‘curhat’ cici tentang masakan2.

Pertama: waktu cici masih di pondok dulu, cici belum bisa banget yang namanya masak :p Maklumlah, kan biasanya kalo anak asrama tu nggak pernah masak. Karena dah dimasakin sama etek2 dapur. Hehehe... Nah, waktu pulang ke rumah, cici pengeeeen banget masakin gulai buat dimakan ayah. Trus tak masakin gulai bersantan yang rasanya asiiiiin banget! Allahuakbar... Astaghfirullah...  Waktu ayah makan, beliau marah2 ‘kenapa gulai ni asin banget!’. Trus ibuk bilang, ‘anak kita yang masak, bang...’. Hehehe, akhirnya nggak ada yang dimarahin. L Maap ya yah, cici masih belajar.

Kedua: nah, waktu pulang kampung juga, dari ponpes. Cici disuruh ibuk buat belajar masakin nasi. Awalnya cici masakin, kebanyakan air, jadi kayak bubur. Trus, cici masak lagi hari berikutnya, eeeeh malah anggus. Ibuk ngomel2 sama cici. Katanya, ‘masa anak gadis nggak tau masak!’. Cici nggak kesal siiih, justru cici mau belajar lagi supaya bisa jadi lebih baik. Amiiin...


Ketiga: cici sering masak tu keasinan. Pas dicoba  sebelum dimasak masih normal aja rasanya. Trus, setelah dimasakin rasanya asiiin x *kayak orang mau nikah aja, mitos*. Pernah waktu masak sambal di kosan, baru nyadar kalo masak sambal nya sedikit, cici malah masukin lebih banyak garam dari pada cabenya... Akhirnya tu sambal dibuang ke tong sampah terdekat. L Dan pernah juga masak tahu tempe goreng  (TTG), banyakan gulanya daripada air untuk merendamnya. Di buang lagi deh, hasil karya ku...

Keempat: cici tu suka banget beli buku resep. Tapi kalo dicoba2 dan dipaksain miripin bentuk tu masakan, pasti hasilnya nol besar. Rasanya g enak, bahannya ribet, bentuknya nggak mirip sedikitpun, dll. Hm... Kesel banget kalo udah kayak gitu. Mana cici orangnya nggak sabar lagi :p Gimana mau pandai masak kalo masih gini2 terus. *Ngeluh2 nggak jelas... saran cici, kalo mau berpadu pada buku resep, usahakan jangan ragu2 dalam menakar bahannya. Kalo ragu dan terlalu pake perasaan, ntar malah jadi kayak cici lo... Karena perasaan cici masih kurang keras, akhirnya di tambahkan terus, tepung sedikit demi sedikit sampe2 keras minta ampun trus nambah air lagi nambah air daun suji lagi dan begitu seterusnya. Alhasil? Hm... nggak kayak adonan lagi, tapi kayak main2 tanah gitu... Hahaha :p

Masih banyak lagi cerita cici tentang masak-memasak, tapi ci pada lupa nih... Yang pastinya,harus rajin belajar dan pantang berkeluh-kesah ya... *don’t follow me :p*

No comments:

Post a Comment