Friday, August 19, 2011

Rambutan


Pernahkah anda memakan buah yang satu ini? Ya, rambutan namanya. Kok bisa digelar rambutan ya??? Mungkin karena buah nya banyak rambut kali ya? Buah ini mulai bermunculan satu persatu di kampung cici dengan kata lain, musim nya pun telah tiba. Musim rambutan sama halnya dengan musim duren.

Waaaa, rambutan banyak digemari oleh semua kalangan baik yang muda sampe yang tua sekallipun. Kalo rambutan ini udah berbuah, bisanya orang2 di rumah pada diare looo... Emang apa sih, kandungan rambutan tersebut? Ya, cici juga nggak tau. Tapi, cici sempat baca2 kemarin.

CV rambutan

Kerajaan: Plantae

Ordo: Sapindales

Famili: Sapindaceae

Genus: Nephelium

Spesies: N. lappaceum

Rambutan adalah tanaman tropis yang banyak dijumpai di daerah tropis sekitar asia tenggara. Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memilliki banyak rambut. Warna hijo kalo masih muda lalu berubah jadi warna kuning dan akhirnya merah kalo dah masak dan hitam kalo dah membusuk. Bagian buah yang dimakan adalah daging buahnya yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji, jadi kalo dimakan, namanya ‘ngelotok’.

Enak, bukan??? Tapi hati2 lo, karena rambutan banyak mengandung glukosa alias gula. Soalnya, dari pengalaman cici sendiri. Kalo siap makan rambutan yang lumayan banyak, cici langsung batuk dan suara cici bisa2 sampe hilang. So, hati2 ya... Jangan kebanyakan. Kan Allah nggak suka sama sesuatu yang berlebihan... Ya nggak???

Oya, duren sekarang dah mulainggak bermunculan lagi nih. Tapi kalo rambutan, masih buanyak rek! Ayo ke kampung ku... *hehehe...

No comments:

Post a Comment