Friday, August 26, 2011

Pisang Ijo Saus Santan

Well, posting kali ini sebenarnya mau di post in ke blog sebelum ramadhan tiba. Tapi selalu malas aja buat nulis. Nggak tau deh, padahal ide dan kerangka nya masih segar banget saat itu. Tapi tangan ini malas untuk bergerak menekan2 huruf yang ada di notebook ku. So, cici post sekarang aja ya...

Oke, waktu musim berbuahnya pisang di belakang rumah, cici sering banget mikir “mau di buat apa ya, ni pisang2?”... Pisangnya banyak banget. Kebetulan pisang uli ato tenar dengan sebutan pisang makan, masih muda masih ijo2 banget. jadi Cuma ada pisang raja. Yang biasa orang buat sebagai pisang goreng kriyuk.

Nah, cici kan suka banget beli buku2 resep masakn, yang pasti nya harus murah dan sesuai dengan kantong anak kosan. So, waktu sebelum pulang, cici sempat beli buku tersebut. Cuma sedikit...


Jadi cici baca buku resep tu, ada judul ‘pisang ijo kuah santan’. Nah, kebetulan cici suka banget sama ‘es pisang ijo’ yang ada di surabaya. So, I decided to make ‘pisang ijo kuah santan’. And how to make it? Kita ceplak aja ya, dari bukunya. Coz ada takarannya. Kalo cici yang buat mah, terserah hati aja. Seberapa maunya. Hahaha :p

Ni bahan di ambil dari buku ‘MENU ekonomisSerba Pisangresep pilihan keluarga

Bahan:

120 gr tepung beras
½ sdt garam
300 ml air
100 ml air daun saji
2 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
5 bh pisang raja yang tua
Es serut secukupnya
Sirup rasa cocopandan

Saus:

700 ml air hangat
1 btr kelapa tua
60 gr tepung terigu
60 gr gula pasir
1 lbr daun pandan
¼ sdt garam

Cara membuat:

Masukkan ke dalam panci besar dan bersih 70 gr tepung beras dan garam. Tuang sekaligus air daun suji dan pewarna hijau sambil diaduk hingga tepung larut. Lalu panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.

Masukkan sisa tepung beras perlahan2 sambil diaduk hingga rata. Teruskan mengaduk sampai adonan halus dan tidak lengket di panci. Lalu bagi adonan menjadi 5 bagian. Ambil 1 bagian adonan dan pipihkan melebar lalu balutkan pada pisang yang sudah di kupas hingga tertutup rapat. Laukakan proses ini hingga bahan habis kemudian masukkan pisang kedalam dandang yang sudah dipanaskan lalu kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat dan sisihkan.

Saus: kelapa dikerik kulit ari2nya lalu di parut kasar. Tuang air hangat sambil diremas2 hingga keluar santannya. Saring kedalam panci. Masukkan gula pasir, daun pandan yang sudah di simpulkan dan garam, aduk2. Tambahkan tepung terigu perlahan2 sambil diaduk hingga agak larut. Lalu panaskan dengan api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Kecilkan apinya dan masak lagi hingga mendidh dan mengental. Angkat dan biarkan dingin.

Potong2 bulat pisang ijo dan taruh di piring saji. Siram dengan saus santan dan sirup merah, beri es serut. Sajikan segera.

Tips: agar bahan tercampur rata dengan baik, ketika diaduk gunakan pengocok telur dari kawat seperti balon.

Dan ini hasilnya....

pisang ijo ala momo...

Bentuknya lumayan siiiih, tapi rasanya ada yang ganjal. Kalo sausnya mah, mantap!!! Give thumb to me, pliiis... nah, yang salah tu rasa pisang ijonya. Waaa,,, Mana pisangnya masih belum terlalu masak, di tambah lagi sama balutannya yang terlalu banyak tepung dan alhasil,,, Rasanya keraaaaaas banget.

Tapi, yang bikin cici senang walopun rasanya agak ganjal adalah pujian dari ummy  tercintah...Hahaha, makasiih ibuk. Ci tau, rasanya nggak seenak pujian ibuk, tapi hati ibuk yang langsung berkata seperti itu. Love you...

No comments:

Post a Comment