Friday, August 26, 2011

Egrang

Dari judulnya aja kita dah tau ya, ini adalah salah satu permainan tradisional di Indonesia. Mungkin namanya berbeda2 di tiap daerah, kalo di Bengkulu: engkrang, kalo di Sulawesi  Tengah: tilako, kalo jawa: egrang dsb. Yang pasti, permainan ini jarang ditemukan lagi di pedesaan apalagi di perkotaan. Karena modernisasi yang telah menutupinya. Jadi, ya emang susah untuk ditemukan kembali.

Egrang dibuat dengan cara yang sederhana, bisa menggunakan bambu ato kayu. Egrang diberi makna sebagai bambu ato kayu yang diberi pijakan untuk kaki agar kaki leluasa bergerah berjalan. Jadi dubutuhkan 2 potong kayu *tergantung tinggi yang diinginkan*.  Dengan 2 potong kayu tersebut, dibuat untuk pegangan serta yang menempel pada tanah dan tempat pijakan kaki. Sehingga bisa naik keatasnya (egrang).







Foto ini di take waktu salah satu anak sekolah yang tinggal dirumah cici, akan melaksakan MOS (Masa Orientasi Siswa) masuk SMP. Dia ditugaskan untuk membuat permainan egrang tersebut. Jadi,sebelum dibawa untuk MOS, semua anak2 yang ada di rumah pada nyobain tu permainan. Hahaha, waktu yang kelas 3 MTs menaiki egrang buatan kiki (yang mau MOS), lalu patahlah tempat penyangga telapak kaki. Hahaha, emang sih nengsih (kelas 3 MTs) badannya agak gemukan gitu.

Jadi, kalo mau cari bahan untuk membuat egrang, carilah kayu ato bambu yang kuat. Jangan sampe terjadi kecelakaan yang nggak diinginkan :p Dan tanpa menjaga keseimbangan, kita akan susah menggunakan egrang tersebut. Yang paling utama adalah terbiasa ato nggak nya. Kalo dah terbiasa, maka bisa jadi terbiasa :D

Cara bermainnya juga bermacam2. Bisa buat individual aja dan bisa secara bersama2, seperti perlombaan lari dengan menggunakan egrang (tanding siapa tercepat dan telihay) yang dilakukan 2-6 orang ato adu egrang itu sendiri. Tempat bermain nya pun juga boleh dimana saja, asalkan berpijak ke tanah. Bisa di lapangan rumah, lapangan sepak bola, taman2, jalanan.

Mulai dari belum pandai memainkan egrang sampe dah lancar menggunakannya, banyak pelajaran yang dapat kita petik dari permainan egrang ini. Kita bisa belajar untuk bekerja keras, sportif dan mandiri, berani menghadapi tantangan2,  ulet dalam melaksanakan suatu tugas/ pekerjaan, dll...

No comments:

Post a Comment