Thursday, August 18, 2011

17 Ramadhan 1432H

Allahuakbar!!!

Allahuakbar!!!

Allahuakbar!!!

Tau kan, kemarin hari apa??? Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia yang ke-66 tahun dan hari turunnya al-quran/ nuzulul quran. Waaaaa, kebetulan banget ya? Jadi, kemarin kita merayakan hari nuzulul quran dengan semngat kemerdekaan Indonesia tercintah ini.

Sebenarnya, ini sudah terjadi di hari kemerdekaan pada 17 agustus 1945. Karena, saat hari kemerdekaan Indonesia yang pertama kali dan pertama kali pula di bacakan proklamasi negara inibertepatan dengan tanggal 9 ramadhan. *tau dari ustadz yang ceramah, he2 :p* Jadi, hari kemerdekaan Indonesia yang di tahun Hijriyah nya jarang bahkan nggak pernah di rayakan ya... *baru nyadar lo, ci!!!


Makanya kita kumandangkan 2 yel2: MERDEKA!!! ALLAHUAKBAR!!!

Bagi umat muslim, kemarin merupakan hari yang sangat bersejarah, bukan? Ya, karena saat itu lah alquran di turunkan dari Baitul Izzah secara berangsur2 melalui perantara malaikat Jibril kepada nabi Muhammad SAW atas perintah Allah SWT.

Alquran diturunkan pertama kali saat Rasulullah berada di gua Hira dengan turunnya 5 ayat yang pertama dari alquran yakni ayat 1-5 surat Iqro’. So, ini merupakan perintah Allah agar manusia yang berada di dunia ini untuk menuntut ilmu sebaik2nya untuk kehidupan di dunia dan insyaallah untuk bekal di akhirat kelak. Yap, Iqro’! Bacalah! Agar manusia sering membaca alquran, membaca kekuasaan Allah, membaca nikmat2 yang ada pada manusia untuk disyukuri, dan agar manusia tidak berada di jurang kebodohan.

Dari artikel yang pernah cici baca dan pernah cici perlajari, ada beberapa hikmah nuzulul quran (turun alquran secara berangsur2):

Pertama: Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat nya

Ini terjadi saat periode Makiyyah yang penuh dengan celaan, hinaan, cemoohan, siksaan, pelecehan, bahkan penganiayaan dan pembunuhan. Jadi alquran turun secara berangsur2 agar dapat menguatkan hati Rasulullah dalam menghadapi semua permasalahan tersebut. Sehingga Rasulullah dapat bersabar dengan adanya cerita2 nabi sebelumnya.

Kedua: Tantangan dan mukjizat

Kebanyakan orang2 musyrik saat itu sangat suka menggoyahkahkan keimanan orang2 muslim. Mereka sering mengajukan pertanyaan2 aneh agar dapat melemahkan orang muslim. Tapi Allah SWT langsung yang menjawab pertanyaan2 dari mereka melalui wahyu dan firmanNya. Dan alquran juga menantang orang2 kafir untuk membuat 1 ayat saja serupa dengan alquran. Maka mereka tidak akan mampu memenuhi tantangan tersebut. Dan itulah alquran diturunkan secara berangsur2 sebagai mukjizat yang nggak tertandingi oleh siapapun.

Ketiga: Memudahkan hafalan dan pemahamannya

Dengan turunnya alquran secara berangsur2, maka akan memudahkan dalam menghafal dan dengan peristiwa2 tertentu, akan mudah pula untuk memahaminya.

Keempat: Relevan dengan pentahapan hukum dan aplikasinya

Dengan diturunkannya alquran secara bernagsur2, maka jika turun satu perintah dari Allah akan mudah dan segera melaksankannya dan sebaliknya, jika ada suatu larangan, maka akan segera ditinggalkan. Sehingga akan memudahkan orang2 muslim saat itu untuk merubah kebiasaan2 mereka sebelumnya.

Kelima: Menguatkan bahwa alquran benar2 dari Allah

Alquran diturunkan kurang lebih 22 tahun lamanya kemudian menjadi suatu kerangka/ rangakaian yang penuh arti dan pemahaman, indah gaya bahasanya, tersusun rapi antara satu ayat dengan ayat yang lainnya.

So, masih banyak lagi sebenarnya hikmah2 diturunkannya alquran. Dan jangan lupa ya, untuk selalu membaca dan memahami serta mengajarkan alquran... *pesan moral untuk diri cici sendiri KHUSUSnya...*

No comments:

Post a Comment