Saturday, June 4, 2011

MLM

Multi Level Marketing itu lah kepanjangan dari MLM. Kalo pengertian MLM dari http://mlmstats.net yang merupakan suatu situs mengenai statistika MLM di Indonesia, MLM adalah jalur alternatif bagi perusahaan untuk mendistribusikan produk dan jasanya ke pasaran (jalur distribusi yang lain termasuk supermarket, toko retail, door to door sales dan lain-lain). Nah, dari pengertian nya dah tau kan, itu untuk mempermudah dalam pemasaran produk-produk yang akan di jualkan/dipasarkan.

Hm, mereka juga punya beberapa alasan mengapa perusahaan memilih MLM untuk meproduksikan produknya... Diantaranya: 1. Biaya overheadnya rendah 2. Biaya overhead distribusinya rendah 3. Tingkat pertumbuhan yang tinggi 4. Tim sales dan merketing yang termotivasi. Tapi kalo mau lihat penjelasannya, lihat aja ya, disitusnya tadi. Cici nggak akan bercerita panjang lebar sejarah dan perkembangan MLM di Indonesia.

Nah, ada juga nih 10 kebohongan yang di nyatakan lewat situs http://mamasmoe.multiply.com. Ya ampun,,, banyak banget ya??? Tapi cici juga kurang tau ni tentang kebenaran ato kebohongan yang telah terjadi di MLM ini. Lihat aja ya, kenyataan nya. Semua juga dah pada tau kan???


Disini cici akan menceritakan suatu kisah dengan salah satu MLM yang sudah sangat terkenal dan telah mempunyai berapa ratus negara sebagai cabang dari MLM tersebut. Pokoknya sudah membooming lah...

Awalnya cici ketemu sama sesorang dibandara, niatnya Cuma bertegur sapa gitu (sok2-an). Truz, berbincang-bincanglah kami di bandara sambil menunggu pesawat datang. Kebetulan tu cewek juga kuliah di tempat yang sama dengan cici tapi beda fakultas. Otomatis tujuan kami juga sama doooooong. Ngomongin ini itu blaaaa blaaa blaaaa dan seterusnya, dia minta nomor hp cici. Doeng!!!

“Buat apa?”, tak tanyain ke dia.

“ya buat kasih2 info gitu, sapa tau ada seminar terbuka. Jadi nanti aku (si cewek) bisa ngubungin kamu (cici)”, sahutnya.

“Ooooooo, gitu toh. Oh iya, ini nomor ku bla bla bla bla bla...”, “kabari ya kalo ada acara-acara yang bagus...”, kata ku.

“ya iya dooooong”, jawabnya.

Trus tak tanyain lagi, “kamu aktif banget ya di kampus? Kok kayak nya nomor ku penting banget? (maksudnya, siapa tau dia ikut organisasi yang muantap baget, trus mau ngajakain cici juga)”.

“yaaaaaa gitu deh”, dia jawab dengan senyuman yang sangat girang, seolah2 dapetin apaaaaaaa gitu.

Tapi cici agak sedikit curiga nih, dug dug, dug dug... Ya nggak apa lah, kan memperbanyak teman juga to??? Ya nggak? Cu-ujon aja... J

Sewaktu tiba di tempat tujuan, cici pun menjalani hari-hari seperti biasanya di kosan, di kampus, dan dimana2. Trus, selang seminggu setelah kami ketemu dulu, datang lah sms dari si cewek tadi. “Ci, ada acara seminar di gedung pertemuan bla bla bla... Bayarnya cuma Rp. 7500,-. Ikut ya? Nanti tak tunggu di jalan bla bla bla...”. Tak jawab, “Oh, iya... itu acaranya kapan dan seminar tentang apa?
“. Tok tok tok... Sms balasan pun sampai, “hari dan tanggal bla bla bla, acaranya lihat aja nanti. Semacam mitivasi2 gitu deh!!!”. Mikir sejenak, lihat jadwal pada hari dan tanggal tersebut, ternyata kosong. Mikir lagi, kebetulan dah lama banget nggak ikutin acara2 kayak gitu. Mokir lagi dan lagi.... Akhirnya cici putusin untuk ikutan.

Di hari H, cici dah ketemu sama tu anak. Dan kamipun menuju tempat diadakan nya seminar tadi. Waw!!!!!!! Sesampainya disana, cici lihat orang sekitar... Lumayan ramejuga sih. Tapi banyak yang pake baju2 rapi gitu, dandanannya mantap, penampilan oke, pake jas, pake high hills, dan yang lainnya. Pokoknya dari yang terlihat sudah dewasa sampe anak2 remaja belia. Siap parkir, kami (bertiga: cici, cewek, temannya si cewek tadi) masuk ke ruangan serbaguna alias ruang pertemuan gitu. Waktu ingin naik, cewek itu malah sapa2-an gitu sama orang yang berpenampilan serba oke tadi.

Tak tanyain, “kamu pengurusnya ya?”. Dijawab, “Ya gitu deh!!!” (dengan senyam senyum). Trus dia udah beli 3 tiket untuk kami. Dan masuklah keruangan tersebut. Waw!!!!!!! Padat banget!!!!! Ato ruangannya yang kekecilan ya???? Trus, didalam ruangan, sambil menunggu sang pembicara alias motivator yang bakal nggomong didepan nantinya, suara musik pun terdengar sangat kencang dan rasanya bisa memecahkan cranium (tengkorak) dan cerebrum-cerebelum (otak) cici. Kueeeeencang baget wahai pemirsa2.... Rasanya dalam diskotik2 gitu. Nggak tau maksud musik itu apaan. Yang penting, tu musik bikin sakit kepala dan bikin sumuk aja!!!

Dengan segenap kesabaran, akhirnya tu acara dimulai juga dan berbicaralah sang motivator tadi dengan menggebu2 nya di depan. Pokoknya suasana waktu itu sangat harmonis banget deh, acaranya kayak dah di rekayasa gitu, acaranya nyambung banget gitu. Segala rangkaian acara pun terlewati dan terus berjalan dengan segala keresahan dalam jiwa cici. Swear!!!! Nggak enak banget berada disana waktu itu. Si cewek cuek aja, kayak mempermainkan cici. Cici mah makin esmosi, “ni acara ngapain sih????”. “lihat aja nanti...”, sahutnya. Seperti itu terus jawabannya, kayak ada sesuatu yang disembunyikan dari cici.

Ditengah2 acara, baru lah cici sadar teman2 sekalian.... apa yang terjadi???? Ternyata itu tu salah satu acara MLM-an gitu yang bermaksud untuk merekrut orang2 banyak banyak banyak... Huft... Hampir saja cici terjerumus sama ni tawaran seminar motivasi dan bla bla lah!!!! Makin esmosi nih jadinya si cici. Yang dicarain tu adalah uanga dan uang, untung dan untung... Ntah apa lah!!!! Muak!!! Mau keluar ruangan, tapi pintu digembok (serius digembok dan dijagain gitu, ngeri nggak sih???). pake acara maju2 segala lagi ke atas panggung kemegahan. Apa tu??? Kentut kalian semua!!! Iya hah!!! Masa maksa2 orang gitu. Dasar matre... hanya itu yang keluar dari lubuk hati terdalam cici saat itu. Ssssstttttt... jangan kasih tau sapa2 ya? Hihihihi

Setelah acara itu selesai, ada lagi acara untuk jalan2 ke ruangan perusahaan MLM tersebut. Tapi sayangnya, cici nggak ada tertarik sedikit pun untuk membeli produk mereka apalagi diiming-iminggi dengan kematrean... nggak lagi yauwwwwww!!!! Cape deh!!!!!! Akhirnya cici cari2 alasan kalo ada praktikum sore itu, ½ jam lagi. Ya mau nggak mau mereka harus relakan kepergian cici. Padahal mereka dah maksa banget. Bilang pliiiiiis pliiiiiiisssss bentaaaaaar ajaaaaa yaaaaa??? Ya mbak cici???? Cuma sebentar kok. Tapi cici mana mau duooooong. Akhirnya temannya si cewek tadi juga ikut pulang dengan cici.

Di perjalanan mau pulang, kami (cici dan temannya si cewek kurang ejer tadi) ngobrol2 ini itu tentang kejadian yang menimpa cici barusan. Hiks2... Ternyata tu X (temannya si kujer alias kurang ejar) pernah diajak oleh si kujer tadi diacara yang sama persisdengan acara barusan.Katanya (si X), “isinya sama aja. Perkataan mareka juga itu2 aja. Nanti, kalo kita ikut ke acara selanjutnya, mereka akan maksa2 kita buat daftar, bener2 dipaksain sampe2 mau sujud mereka minta kita daftarkan diri”. Wah!!!! Ngeri banget ya???? Untung aja si cici ni agak cerdik pikirannya, ya langsung pulang dong walaupun harus sedikit berbohong.

Selang beberapa hari kemudian, si kujer sms dan nelpon terus ni. Dia minta alamat kosan cici lagi... Minta data2 teman2 cici. Minta ini itu. Pokok e macem2 dah! Tapi cici tetap cuek bebek aja doooooonggg. Tetap istiqomah. Sampe2 dia ganti nomor buat nipu cici biar cici jawab telponnya. Rindu amat sih lo sam gue!!! Cici tetep nggak terpengaruh  donggg. Trus ngajak ketemu di kampus. Ngajak ketamu di tempat ini dan itu. Maksa banget sih, ni orang!!! Kan dah orang bilangin, CICI NGGAK BISA IKUTAN TU MLM. Okey? You bisa baca nggak sih? Tapi sangat nggak nggarus pemirsa2. Dia sampe2 survey gitu ke fakultas kedokteran, buat cari cici pratama yang manis ini. Trus, searching lagi, buat nemuain kosan cici pratama. Haduuuuuuh, pusing deh, gara2 penggemar yang kujer ini. Enak aja lo dah nipu gue! Katanya ngajak seminar, taunya? Dasar kentut!!!

Pencarian cici pun masih berlanjut sekitar 1 bulanan setelah seminar brengsek itu. Maap ya, cici emosi banget ni. Habisnya mau ngajak main2 pula sama cici pratama ya? Huh! Sudah lah. Capek banget nggungkapin kekesalan ini.

Intinya, gara2 NGEREKRUT BANYAK ORANG untuk meraih BANYAK BINTANG supaya BANYAK UANG DAN BERGELIMANG HARTA TANPA USAHA DAN PENGORBANAN dan HANYA TERIMA HASIL BERSIHnya saja sedangkan yanglain MENDERITA karena ulah KUJERnya, akhirnya apa yang terjadi??? Nama perusahaan itu sangat jelek dimata banyak manusia bahkan hewan. Produk2 unggulan dari perusahaan tersebut jadi tertutup kehebatannya (produk) oleh keserakahan dalam berbisnis yang nggak tau adab dan perasaan!!! Terkadang produknya memang lah produk2 unggulan. Tapi sepertinya telah hilang tertimbun oleh perekrutan yang tanpa batas hingga banyak mengecewakan banyak orang dan pihak.

Cici sih, fine2 aja yah, kalo mau MLM ya nggak apa2. Asalkan sehat gitu lo. Jangan main paksaan. Jangan hanya rekrut2an. Tapi kembangkanlah amanah yang diemban, yakni produk2 bermutu dan berkualitas... oke???

2 comments:

  1. Setujuuuuu....!! Haha....

    I like your "dasar kentut!". Emosi sekali sepertinya. Kk juga pernah ngalamin hal serupa, awalnya agak senang gitu, nambah link... Eh, ga taunya menjebak.

    Pernah sekali kk udah terlanjur masuk, kayak MLM jual pulsa gitulah, dijanjiin buaaaanyak sekali sampe kk spesial bikin rekening baru. Eh... Emang kentut juga, setelah daftar, kk ditinggalin aja n ga digubris lagi. Sms/nelpon kk cuma buat nanya apa kk udah dpt downline apa belum, aih, amit amiiiiit... *malah ikutan emosi. Hahha...

    Sekarang udah ga jaman lagi ya, pake cara ky gini. Banyak yang menjerumuskan. Caranya juga sangat klasik... Kalo cici diajak seminar, kalo kk, ntah udah brapa kali sampe ga ingat disuruh nonton presentasi mereka, gayanya sangat terlihat (sok) pro. Dibuka dengan kalimat yang sangat klasik dan pasaran:
    "Apa rencana ainun 10 tahun kedepan"

    Haha... Kalo udah dibilang gitu, kk udah senyum2 aja, mau nyuruh berhenti ya juga kasian, tapi apa g ada cara lain apa? Dan paling penting: apa g ada kerjaan lain??

    ReplyDelete
  2. hahaha... bener bgt: "apa rencana anda 10 tahun kedepan?" bla... bla... bla... pusing ci dibuatnya kak. g jaman bgt....

    ReplyDelete