Friday, June 3, 2011

Go Green!!!

Go green merupakan suatu istilah yang dipakai untuk menyemangati atau menarik orang untuk menjaga lingkungan sekitar. Go green sering dikaitkan dengan cinta bumi dengan menghindari global warming. Hmmmm, sebenarnya banyak lagi istilah-istilah lain -- nggak hanya go green aja lo ya??? -- yang digunakan untuk menyatakan hal yang bersangkutan dengan pelestarian bumi tercinta ini. Yang pasti semuanya mengarah kepada bagaimana cara kita mewujudkan, kalo kita itu peduli dengan bumi kita ini.

Nah, cici juga sering nih ngeliat orang-orang kayak SPG gitu yang bertebaran di jalanan dan tempat-tempat umum yang orang rame menggunjungi tempat tersebut. Mereka sepertinya menawarkan ini itu -- ntah apa -- pokoknya kayak ngadain acara-acara ato minta jadi donatur gitu buat ngeliat, gimana sih realita yang ada di bumi kita ini. Wah, salut banget deh ya sama mas2 dan mbak2 nya yang kuat seharian buat presentasi ini itu ke orang-orang yang melewati mereka – sabar, nak... mereka digaji kok alias itulah pekerjaan mereka --.


Jadi, waktu itu kami (cici dan kakak tercinta) pergi ke salah satu mall yang ada di Jogja ini, trus saat melewati pintu keluar dari gramedia, eh,,,, ada mas2 yang nyamperin kami. Trus kami awalnya cuek gitu (menatap pada seragam si mas, eh... ternyata ini to yang sering disebut2 organisasi atau apalah namanya yang kayak go green-go green gitu deh), tapi kami mundur lagi dan mau nanya-nanya dikit gitu lho...

Dengan bangganya kami pula yang menyampari si mas. Kami tanya lah ini dan itu tentang seluk beluk yang mas tu bilang. Nah, dari banyak pertanyaan yang kami atur kan, si mas malah jawabnya kayak ragu gitu (maap ya, cici lupa waktu itu tanya apa). Pertanyaan demi petanyaan dijawab dengan keraguan dan kecemasan (jangan takut mas, kan kami cuma mau tanya2 aja, nggak ngintimidasi). Yah... Payah nih, akhirnya kami bilang aja “mas, minta alamat website nya dong”, dengan kecewa kami pun pergi jauh dari mas tersebut (hahaha, kayak apa aja). Tadi dia ngejar-ngejar dan nawarin untuk didengarin, waktu ditanya kok malah kebinggungan...



Tapi lumayan lah, senggak nya dia sudah berusaha untuk bekerja dan ingin mewujudkan bumi kita ini menjadi go green!!! Tapi memang banyak cici temui hal-hal yang ingin mewujudkan kesejahteraan bumi ini yang kurang tepat dan efektif dalam baik itu manyampaikan sampai cara-cara mengatasi permasalahan global warming ini. Contohnya kayak tadi, para SPG (mungkin juga ada yang volunteer) yang kurang di pasoki ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bumi ini dan bagaimana cara mereka dalam menyampaikan ide-ide yang bisa mengajak semua manusia agar dapat bergabung dan ikutserta dalam penjagaan bumi ini, jadi bagaimana orang bisa tertarik dengan permasalahan yang sudah sangat mengglobal???






Dan ada satu lagi yang cici kurang setuju (terutama di indonesia tercinta) kalo ini di terapkan. Hm... mungkin kita semua sudah tau ya? Tas-tas yang diperjualbelikan di mall2 ato di pusat pembelanjaan. Tas nya sih emang bagus, tapi jangan dong mengatas nama kan Go Green ato Love Earth ato I Care and bla bla bla... Terkadang semua maksud dan tujuan awalnya tadi akan terhapuskan oleh model-model dan gaya-gaya yang mungkin bisa cici bilang sok peduli gitu (tapi wallahu’alam).

Nah, udah lihat kan cuplikan foto yang saya taro di atas? Waw!!! It’s amazing... Mahal banget lo, untuk patokan harga saya mah (maklumlah... cici kan suka nya yang murah2 dan diskonan). Malah ada lagi yang harga nya 3 kali bahkan 6 kali lipat dari yang di atas, tapi nggak sempat potert sih. Onde mande... rancak bana!!! Cici mah mau cekikikan liat sebegitu muahalnya harga2 tas2 yang imoet itu di jual dengan mengkambing hitamkan cinta bumi, dsb. Hati2 lo yang jual, nanti bumi nya marah lo...








Ah... sudahlah... oke lah, berlanjut pada cerita selanjutnya (malah muter2 ni kata2 nya). Udah pernahkan lihat kresek ato plastik kan??? (o... jelas dong...) Kan ada tuh yang buat tiap belanja ke tempat pembelanjaan yang udah modern lah. They offer us with amazing plastic that can shattered byself. Huft, cici nggak habis pikir tu plastik masa dengan sendirinya mudah dicerna oleh bumi??? Menurut cici sih nggak masuk akal banget, it’s imposible. Sedangkan sistem pencernaan manusia aja yang selalu di lalui oleh makanan2, lumayan lama lo proses pencernaannya, apa lagi bumi mencerna segala macam plastik yang ada di bumi.

Mana di kreseknya, sempat2 juga di tulisin: ... menyediakan tas plastik degradable yang akan hancur sekitar 2 tahun. Hihihi, lagi2 malah promosi lagi yah? Payah ah!!!

Kalo dari nonton di film-film gitu, di luar negeri itu jarang banget lo ato malah nggak ada yang jualan dibungkusin pake plastik2 gitu, kalo yang tak liat itu pake kertas gitu deh. Semacam kertas padi ato apalah. Rata2 gitu sih, ya nggak? Kayak nya lebih banyak muatannya dan lebih bisa jaga bumi dibanding dengan kresek.

Trus ada juga di negara2 lain itu yang menggunakan kalo nggak pake kresek, mau di diskon jajanannya ato mau dapat doorprize gitu deh. Nih, dari ceritanya kakak saya waktu keluar negeri. Dia malah ditawarin gitu... Lumayan juga kan, buat ngemat gitcu lhoooo...

2 comments:

  1. Again, I agree with everything you said.

    Mengatasnamakan "go green" lalu menjual produk2 mahal sama aja boong. Emang kita bakal ingat akan selalu membawa "tas mahal" itu kemana2? Ujung2nya ya juga pake kresek. Malah seringkali department store dan semacamnya itu sangat boros ngasih kresek. Untuk sabun satu (meskipun cuma beli 1 sabun batang), untuk cemilan satu (padahal cuma beli wafer kecil), sayur dan buah satu (halooo, ane cuma beli apel 2 biji nek).

    ReplyDelete
  2. hm... jarang bgt ingat nya... kalo cici lo ya. tapi g tau orang yang punya banyak pembantu yang memang sangat peduli dgn "go green" or whatever lah... kalo g, ya... ujung2nya pake kresek yg itu pun berlapis2 dgn alasan tidak baik jika dicampur --emangnya lama bgt ya digabunginnya!!!--, apalagi belanjaannya bisa 3-4 troly... oh god...

    ReplyDelete