Friday, June 3, 2011

Fobia

Malu adalah istilah yang digunakan saat perasaan tidak nyaman dalam situasi sosial dengan cara mengganggu kemampuan kita untuk menikmati diri kita sendiri untuk tampil. (health care magic)

Malu itu juga bervariasi lho... mulai dari yang ringan sampai ke yang berat –kayak penyakit aja-- . Misalnya bertemu orang, berbicara di depan umum, jalan di tempat orang ramai, menghadiri fungsi sosial, dll.

Tapi, kalau malu menjadi lebih parah, bisa berubah menjadi sebutan fobia. Udah tau belum apa itu fobia???  Kalo dari mbah google ni ya... Fobia itu diartikan sebagai rasa takut yang berlebihan pada suatu hal. Jadi, kalo orang udah fobia sama suatu hal, dia suka nya takut berlebihan gitu. Fobia menyebabkan terjadinya fiksasi –suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci yang disebabkan oleh ketidakmampuan orang  yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya.

Jadi ingat suatu kisah...

Suatu malam...

Di dalam kamar...

Cici lagi bobo nih, trus tiba-tiba ada suara gitu... Waktu sedang dalam klimaks nya bobok ni, Datang lah ada makhluk Allah yang hilir mudik lewat dalam kamar cici. Trus, awalnya ada suara krezzzzzzzzzzkkkkkkk... kreezzzzzzzkkkkk... Ih... Ngeri banget... Akhirnya, saking takutnya cici langsung lihat kiri kanan dan ngucap sambil komat-kamit, baca ini, baca itu...

Masih bunyi-bunyi...

Takutpun semakin bertambah...

Tapi belum ngilang juga tu suaranya...

Eh, ada ide –ting... ting... ting...-- nih!!! Tau nggak apa??? Hidupin lampu... Dengan pelan-pelan, melangkah ke saklar lampu daaaaaaaaaan taaaaraaaaa!!! Nampak deh makhluk Allah nya. Taunya ada TIKUS, pemirsa-pemirsa... Ih... Jijay banget... Langsung mekik dan mekik sendiri di kamar. Langsung tak bangunin ibuk kos sambil naggis gituuuuu. –haha, dasar penakut banget!!!—mana ibu kos cici marah, lagi... males banget deh...

Akhirnya, dengan bantuan si ibu kos, si tikus keluar juga. Nah, dari situ cici tau kalo cici takut sama tikus... Masa manusia yang segede ini –momo—takut banget sama tikus. Nah, bisa dibilang juga ni, cici fobia sama tikus kus kus kus....

2 comments:

  1. kk sebenarnya juga takut bgt sama si ti(kus). Tapi kemarin itu - waktu kita tidur di bawah trus ada tikus dibalik lemari, ingat? - sepertinya g ada pilihan lain selain membasminya. Ya mau gimana lagi, si adik ketakutan, ya kk yang harus berani. Akhirnya kk pancing emosi - tikus ga tau diri! mengganggu ketenangan orang tidur!!! - dan sambil bayangin si tikus itu ketakutan, akhirnya jadi ga takut lagi :)

    ReplyDelete
  2. ya iya jg sih kak ku... sebenarnya dulu2 g takut bgt, eh... sekarang malah itu salah satu hewan yang paling menjijikan dan menggelikan setelah ulat bulu...

    ReplyDelete