Saturday, May 14, 2011

Hari Bumi Sedunia

suasana teluk bayur "Sumbar)
Nah, kita semua mungkin kebanyakan dari kita udah tau ya tentang “EARTH DAY”... Kebetulan saya sendiri baru tau tahun ini (mantap! Bikin malu aja ya???). Jujur, saya sebenarnya kurang tau tentang apa itu hari bumi / earth day. Yang pernah saya baca, earth day itu di maksudkan untuk menginspirasi kesadaran dan penghargaan untuk alam semesta (bumi tercinta). Nah, hari bumi didirikan oleh senator Gaylord Nelson dari Amerika Serikat sebagai hari lingkungan yang dilaksanakan pada tanggal 22 April 1970. Pada tahun 2009, PBB menetapkan hari bumi internasional pada tanggal 22 April.

Nah, itu lah sejarah singkat yang pernah saya baca. Saat itu juga menandai adanya hari lahirnya perubahan kepedulian terhadap lingkungan tahun 1970-an. Wah, udah lama juga ya?

sunset di kaliurang "Jogja"
Saya punya pemikiran kalo hari bumi sedunia ini dirayakan dengan berbagai acara, ya.... mungkin seperti menanam pohon di pinggir jalan, pelestarian hutan, mengurangi polusi dengan bersepeda, dll. (bener nggak ya??? Saya juga belum pernah tau dengan acara itu). Yang pastinya, hari itu (22 April) adalah hari yang sangat berharga. Sebenarnya kita para manusia (yang nggak manusia, berarti nggak termasuk loooo -----juskid-----), dapat menjaga planet kita ini. Menurut saya, planet bumi ini merupakan suatu planet yang sangat unik dan ajaib. Sangat beraneka ragam isinya. Hahaha. Kayak apa aja...

Pengen banget merasakan indah nya bumi ini dengan kesejukan dan ketentraman hati (huahahaha, cici mulai lebay cap kapak). Ingin menikmati cantiknya alam. Ingin sekali menjadi orang yang berkecimbung di dunia pelestarian lingkungan. Tapi apalah daya, banyak cara yang dapat dilakukan tanpa langsung berpengaruh pada lingkungan ini... Ya, seperti jangan membuang sampah sembarangan, hemat energi, dan lain-lain.

tsunami kecil di ipuh "Bengkulu"
I love U the earth... So much... Maapkan aku yang sering melalaikan kepentingan kita bersama. Saya belum bisa memperbaiki diri untuk melindungi lingkungan dan bumi in. (halaaaaaaah, mulai lagi deh “melangkolis begete”)...

4 comments:

  1. hehe... bener. Mulai dari hal kecil... :) Kalo ke mall, biasanya ada tuh greenpeace bagi2 selebaran. Coba liat aja...

    ReplyDelete
  2. yap, tapi kalo yang greenpeace yang bagi2 selebaran tu nanti malah minta dana bukan mengingatkan orang untuk menjaga our earth. hehehe (kan jadi g enak kalo g ngasih apa2)

    pokok e, mulai dari diri sendiri aja deh... semoga dapat merubah hal-hal yang besar. amiiiin

    ReplyDelete
  3. iya emang gitu sh dk. Setau kk mreka tu nyari donatur buat sponsor kampanye2 "green". Mbak Nisa sempat tuh jadi donatur nya... Kalo g salah dy milih yang bayarnya 1 tahun 300an.

    ReplyDelete
  4. o,,, gitu toh, adik kurang tau sih, pengen lah adik, makasih info nya atak...

    ReplyDelete